Selamat datang di Blog Pribadi Untuk Sosial Dan Semua

Kesalehan Ritual VS Kesalehan Sosial

5 Juli 20130 komentar






Nabi dalam hadisnya pernah menjelaskan tentang orang muslim kelak diakhirat akan mengalami kebangkrutan (muflis) karena ketika meninggal hanya membawa pahala salat, puasa dan haji. Disisi lain dia tidak mampu membangun kesalehan sosial yaitu berbuat kebajikan atas sesamanya, bahkan cenderung menjadi orang yang mementingkan dirinya sendiri. Dalam teks hadis tersebut Nabi menerangkan bahwa pahala ibadah ritual merek akan ditukarkan dengan dosa-dosa orang yang mereka sakiti atau langgar hak-haknya ketika hidupnya di dunia.
Dalam sebuah hadis yang lain Nabi Muhammad memberi apresiasi tiga bentuk kesalehan sosial yang dalam bahasa hadis tersebut disebut sebagai: sodaqatun jariyatun, ilmun yuntafa'u bihi, dan waladun shalihun yad'ulah. ketiganya merupakan sebuah amalan yang pahalanya tak pernah pupus dan bertambah terus meski orang yang beramal tersebut sudah meninggal.
Ketiga bentuk kesalehan sosial diatas jika ditinjau dari perspektik pengelolaan manajemen modern sebenarnya bisa dipahami sebagai upaya sistimatis Nabi menancapkan tiga tonggak dasar pembangunan masyarakat modern yaitu memperkuat infrastruktur masyarakat, membangun sain dan teknologi dan menyiapkan sumberdaya manusia yang handal.
Melihat fenomena masyarakat Islam sekarang terlihat bahwa mereka lebih mengedepankan kesalehan ritual (simbolik) daripada kesalehan sosial, seperti mereka lebih suka beribadah haji berkali-kali daripada consern membangun fasilitas pendidikan, pemimpin mereka lebih peka terhadap hal-hal yang bersifat menjaga kemurnian dan kebakuan sebuah ajaran dari pada peka menyelesaikan problem sosial masyarakat dengan melakukan reinterpretasi ajaran atau bahkan kalau perlu melakukan dekonstruksi ajaran. Bukankah agama diturunkan untuk kemaslahatan manusia? Seharusnya sudah waktunya agama banting stir dari orientasi halal haram dari perspektif hukum kepada orientasi pelayanan memenuhi kebutuhan masyarakat dengan perinsip mencari kemudahan untuk sampai kepada kemaslahatan dan kesejahteraan.

Kesimpulan
Islam bukan agama formalistik-ritualistik. Menjadi Muslim yang taat ritual saja tidak cukup. Ketaatan ritual harus berefek positif terhadap tindak-perilaku di arena kehidupan sosial; harus mewujud dalam bentuk kesalehan yang membaikkan dan memajukan kehidupan sesama di wilayah kehidupan nyata dengan segala dinamika yang diusungnya.

Islam adalah agama yang utuh-menyeluruh. Ajaran-ajarannya satu sama lain saling terkait, saling berpadu. Ibadah-ibadah formalnya menyatu dengan tugas-tugas sosialnya. Ketaatan-ketaatan individualnya harus terefleksi dalam kesalehan-kesalehan komunalnya. Yang ritual-formal, yang komunal-sosial, yang vertikal-langit, yang horisontal-bumi, semuanya bermuara pada satu tujuan: kebaikan, kesejahteraan serta kemajuan manusia seutuhnya dan seluruhnya.



https://www.facebook.com/AqilaTambun?bookmark_t=page
https://www.facebook.com/pages/Pondok-Yatim-Daarussalam/146836378807157?ref=hl
https://www.facebook.com/PrismaDaarussalam?ref=hl
 
Share this article :

Posting Komentar

Komentar Kritik dan Saran yang Membangun sangat Berarti bagi Kami.
Terimakasih sudah mampir di Blog yang Sederhana ini :D
Mohon untuk LIKE Pane Fage Pondok Yatim Daarussalam di Pojok Kanan Atas. Terimakasi..

 
Support : Qye Ducky | Creating Website | Qye Course | Masduki | PAYTREN YUSUF MANSUR
Copyright © 2016/1437.H qyeowner.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Masduki Ibnu Zeeyah
Proudly powered by Blogger