PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM HAMKA
A.PENDAHULUAN
Dikalangan dunia akademis cukup popular, dan tidak asing lagi
sebagai ilmuwan dan sekaligus ulama yang banyak memberikan pandangan dalam
bidang ke Islaman.Beliau adalah Prof.Dr.Hamka adalh seorang ulama besar
Indonesia yang cukup terkenal,tidak hanya secara nasional,namun keilmuannya
sudah diakui secara internasional.
Pandangan hamka tentang pendidikan adalah bahwa pendidikan
sebagai sarana yang dapat menunjang dan menimbulkan serta menjadi dasar bagi
kemajuan dan kejayaan hidup manusia dalam berbagai ilmu pengetahuan.Pendidikan
tersebut tergabung dalam dua prinsip yang saling mendukung,yaitu prinsip
keberanian dan kemerdekaan berfikir.Bagi Hamka , ilmu yang tidak dikuti dengan
amal dan perbuatan tidak berguna bagi kehidupan.Ilmu pengetahuan mesti
diamalkan ,bukan hanya untuk dipelajari saja.
B.RIWAYAT HIDUP HAMKA
Hamka adalah singkatan nama dari Haji Abdul Malik Karim
Amarullah Datuk Indomo.Ia lahir disungai batang maninjau Sumatra barat,pada tanggal
16 febuari 1908 M bertepatan dengan 13 muharam 1326H.Lahir dari pasangan Haji
Abdul Karim Amarullah dan Syafiyah Tanjung , sebuah keluarga yang taat
beragama.Ayahnya adalah seorang ulama besar dan pembawa paham-paham pembaruan
islam di minangkabau.Ia meninggal pada tanggal 22 juni 1981 di rumah sakit
pertamina Jakarta dalam usia 73tahun.
pada usia 7tahun ia dimasukkan ke sekolah desa dan malamnya
belajar mengaji dengan ayahnya.sejak tahun 1916 sampai 1923 ia belajar agama
pada sekolah Diniyah School di padang panjang dan Sumatra thawalib do
parabek.Guru-gurunya antara lain: Syaikh Ibrahim Musa Parabek,Tuanku Mudo Abdul
Hamid dan Zainuddin Labay.Hamka sejak kecil ini diajak bekerja pada
perpustakaan dan percetakan milik Zainuddin Labay.hamka berkeinginan untuk
merantau guna menambah wawasanya.Kota pertama yang dikunjungi hamka adalah
Yogyakarta pada tahun 1924,tinggal bersama adik ayahnya,Ja’far Amrullah.Disini
Hamka belajar dengan Ki Bagus Hadikusumo,R.M Suryopranoto, H.Fachruddin , HOS
.Tjokroaminoto,Mirza wali Ahmad Baig ,A.Hasan Bandung ,Muhammad Natsir dan
AR.St.Mansyur.Di Yogyakarta hamka mulai berkenalan dengan serikat islam
(SI).Ide-ide gerakan ini banyak mempengaruhi pembentukan pemikiran hamka
tentang islam sebagai suatu yang hidup dan dinamis.hamka mulai melihat
perbedaan yang demikian nyata antara islam-islam yang hidup di minangkabau,yang
terkesan statis , dengan islam yang hidup di Yogyakarta , yang besifat dinamis.
Perjalanan ilmiah nya dilanjutkan ke kota pekalongan ,dan
belajar dengan iparnya,A>R St.Mansyur.hamka banyak belajar tentang islam dan
juga politik.Disini pula hamka muali berkenalan gan ide dengan ide pembaruan
jamaluddin Al-Afghani.Rihlah ilmiah yang dilakukan hamka ke pulau jawa selama
kurang lebih setahun ini sudah cukup mewarnai wawasannya tentang dinamika dan
universalitas islam.Dengan bekal
tersebut hamka pulang ke maninjau dengan membawa semangat baru tentang
islam.Berbekal pengetahuan yang telah diperolehnya,dan dengan maksud ingin
memperkenalkan semangat modernis tentang wawasan islam,ia pun ,membuka kursus
pidato di padang panjang.Hasil kumpulan pidato ini kemudian ia cetak dalam
sebuah buku dengan judul Khatib al-ummah.Pada tahun 1931 ia mendirikan sekolah
dengan nama tabligh school di padang.sekolah ini didirikan untuk mencetak
mubalig islam dengan lama pendidikan dua tahun.akan tetapi sayang,sekolah ini
tidak bertahan lama karena hamka ditugaskan oleh Muhammadiyah ke Sulawesi
selatan.Pada tahun 1950,hamka hijrah ke Jakarta.Disinilah karier hamka dalam
bidang politik terlihat.Dimana terbukti pada tahun 1952 hamka diminta oleh
pemerintah untuk menduduki salah satu jabatan pada badan pertimbangan
kebudayaan kementrian pp dan k. sejak tahun 1975,beliau juga menjadi penasihat
kementrian agama.juga pada tahun-yahun berikutnya hamka diangkat menjadi ketua
majelis ulama Indonesia.sampai akhir hayatnya,beliau mengabdikan dirinya untuk
bangsa dan Negara.keluasan ilmunya menjadikan ia seorang yang sangat dibutuhkan
oleh semua kalangan.kedalam ilmu dan kemampuan intelektualnya telah diakui oleh
dunia internasional,maka tidak heran universitas al-azhar cairo dan universitas
kebangsaan Malaysia menganugerahkan gelar doctor honoris causa
kepadanya,sebagai tanda jasa atas kontribusinya yang begitu besar dalam
penyiaran agama islam ke Indonesia.
C.KARYA-KARYA HAMKA
Berbagai tulisan hamka mulai dari masalah pendidikan ,
tasawuf,sejarah,sastra,dll telah tersebar dimana-mana.buku-buku tersebut antara
lain;
1.khatibul ummah ,diterbitkan tahun 1927 dipadang panjang.
2.lembaga hidup,berbicara tentang dunia pendidikan
3.tasawuf modern dan filsafat hidup,berisi tentang
kaidah-kaidah dalam pergaulan hidup
4.tenggelamnya kapal van der wijck,buku roman yang pertama
kali ditulis hamka
5.dibawah lindungan ka’bah.
6.sejarah umat islam
7.tasawuf ; perkembangan dan pemurniannya,buku yang mengulas
berbagai hal tentang tasawuf
8.pelajaran agama islam,buku tentang pendidikan dan pelajaran
agama dan filsafat
9.tafsir al-azhar
10.antara fakta dan khayal tuanku rao,dll
tidak kurang dari 115 buku yang telah ia tulis dalam sepanjang
hidupnya.belum lagi beberapa tulisan beliau yang dimuat
diharian,majalah,bulletin , surat kabar,yang tidak dicantumkan disini.
D.PEMIKIRAN HAMKA TENTANG PENDIDIKAN ISLAM
1.Urgensi pendidikan
pentingnya manusia mencari ilmu pengetahuan , menurut hamka ,
bukan hanya untuk membantu manusia memperoleh penghidupan yang layak,tetapi
lebih dari itu,dengan ilmu manusia akan mampu mengenal tuhannya,memperhalus
akhlaknya dan senantiasa berupaya mencari keridhaan allah.
2.Pengertian dan tujuan pendidikan
hamka membedakan makna pendidikan dan
pengajaran.menurutnya,pendidikan adalah” serangkaian upaya yang dilakukan
pendidik untuk membantu membentuk watak,budi,akhlak,dan kepribadian peserta
didik”.Semetara pengajaran adalah “upaya untuk mengisi intelektual peserta
didik dengan jumlah ilmu pengetahuan”.
adapun tujuan pendidikan menurut hamka memiliki dua
dimensi:bahagia didunia dan diakhirat.Untuk mencapai tujuan tersebut,manusia
harus menjalankan tugasnya dengan baik,yaitu beribadah.Oleh karena itu,segala
proses pendidikan pada akhirnya bertujuan agar dapat menuju dan menjadikan anak
didik sebagai abdi Allah.Dengan demikian , tujuan pendidikan islam menurut
hamka,sama dengan tujuan penciptaan manusia itu sendiri,yaitu untuk mengabdi
dan beribadah kepada allah.Ia mengatakan bahwa ibadah adalah “ Mengakui
dirisebagai budak atau hamba Allah,tunduk kepada kemaunya,baik secara sukarela
maupun terpaksa”.
3.MATERI PENDIDIKAN
Materi pendidikan dalam pandangan hamka pada dasarnya berkisar
antara ilmu , amal , akhlak dan keadilan.ketiga konsep tersebut sangat
mendasari proses pendidikan tersebut.pertama ,ilmu.Menurut hamka ilmu ada dua
macam,ilmu yang bersumber dari wahyu yang mutlak kebenaranya,yang disebut
dengan al-ulum an-naqliyah , dan ilmu yang bersumber dari akal manusia yang
relative kebenaranya,biasanya disebut dengan al-‘ulum al-aqliyah.kedua, amal
dan akhlak.Dalam pandangan hamka,ternyata bahwa ilmu yang hanya dibarengi iman
dan tidaklah cukup,namun harus pula diiringi dengan amal , kerja ,atau
usaha.Baginya ,ilmu yang tidak dikuti dengan amal perbuatan tidak berguna bagi
kehidupan.ketiga,keadilan.hamka mendefinisikan keadilan dengan tegak di
tengah,dan secara lebih lengkap hamka menjelaskan keadilan sebagai pertahanan
yang memikat hati dan menyebabkan orang takluk dan patuh dengan segala
kerendahan hati.Dalam konsep keadilan ini harus terkandung unsur persamaan ,
kemerdekaan, dan kepemilikan.Persamaan adalah hak segenap manusia.Oleh karena
itu,sudah seharusnya manusia memiliki persamaan untuk mendapatkan hak dalam
hidup.
4.PRINSIP PENDIDIKAN
Bagi hamka tauhid berarti mengakui bahwa tuhan hanya satu
keesaan Allah merupakan satu-satunya zat yang di pertuhankan oleh manusia dan
menjadi titik tolak seorang muslim dalam memandang hidupnya.Apabila orang telah
memiliki tauhid,niscaya kepercayaanya akan mendorong dirinya agar senantiasa
melakukan perbuatan yang diterima dengan rela oleh tuhan dan niscaya didalam
hidupnya senantiasa menempuh jalan lurus.manusia harus memiliki jiwa tauhid
sehingga ia menjadi manusia yang beriman dengan sebenarnya iman.salah satu
usaha untuk menanamkan dan menguatkan jiwa tauhid adalah melalui
pendidikan.Keimanan akan menjadikan si pemiliknya mampu untuk mengendalikan
hawa napsu dan menempatkan pada ketemtuan-ketentuan Allah dan Rasul,tempat
memulangkan segala persoalan yang diperselisihkan.
5.KURIKULUM PENDIDIKAN
Dalam muatan kurikulum pendidikan ,menurut hamka , harus
mencakup seluruh ilmu pengetahuan yang bermanfaat dan menjadi dasar bagi
kemajuan dan kejayaan hidup manusia.Materi pendidikan merupakan factor
terpenting dalam membantu peserta didik untuk menyerap pendekatan islam
terhadap materi-materi tersebut agar dapat menumbuhkan sikap islam
dikehidupannya.Ada dua prinsip dasar yang dapat menunjang dan menjadikan
kemajuan dan kejayaan manusia,yaitu prinsip keeranian dan kemerdekaan berfikir.
1.pelajaran olahraga,yang menjadikan jasmani anak kuat dan
sehat.olahraga tersebut seperti sepak bola,basket,mendaki bukit,dan berburu
2.pelajaran sejarah , terutama mengenai tokoh-tokoh pemberani
dalam kebenaran dan mempertahankan bangsa dan tanah air serta agama.
3.biasakan berterus terang dalam perkataan.Jangan terlalu
banyak ambil muka dan tenggang-menenggang.Namun demikian,tetap dalam kesopanan
dan tegyh dalam keyakinan serta jujur.
4.tidak percaya kepada khurafat
5.memperkaya akal dengan ilmu yang memberi faedah,sehingga
dapat mengetahui hakikat sesuatu dan menutup pintu bagi masuknya khurafat.
adapun prinsip kemerdekaan berfikir,menurutnya,kemerdekaan
berfikir merupakan pangkal kemajuan dunia.jika bukan karna kebebasan
berfikir,tentu manusia tetap berada dalam kondiso statis,dan tidak dapat
mencapai kemajuan dalam melangkah hidupnya.
BAB 13
PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MOHAMMAD NATSIR
A.PENDAHULUAN
Tokoh yang satu ini sesungguhnya lebih dikenal sebagai sosok
ulama dan pejuang,tidak banyak disinggung sebagai tokoh pendidikan.Namun
demikian,jika ditelusuri jejak karier dan langkah perjuangannya,tidak sedikit
gagasannya yang berkenaan dengan pendidikan.sebagai bukti bahwa beliau memiliki
perhatian yang khusus tentang pendidikan,beliau pernah mendirikan lembaga
pendidikan yang diberi nama Pendis atau Pendidikan islam.
secara spesifik,pemikiran mohammad natsir tentang pendidikan
adalah bahwa pendidikan yang baik adalah pendidikan yang dapat mewujudkan
adanyan pola pendidikan yang integral,yakni pendidikan yang menyeimbangkan
antara aspek ruhani dan jasmani.Pendidikan yang seperti ini menurutnya sesuai
dengan hakikat ajaran islam,
Syukron Atas Kunjungan
Anda..
Mohon Luangkan waktu
ANDA sebentar untuk MengKlik Web diBawah ini.
karena Kami sangat membutuhkan bantuan ANDA..
karena Kami sangat membutuhkan bantuan ANDA..
+ komentar + 1 komentar
saran kurang FOOTNOTE
Posting Komentar
Komentar Kritik dan Saran yang Membangun sangat Berarti bagi Kami.
Terimakasih sudah mampir di Blog yang Sederhana ini :D
Mohon untuk LIKE Pane Fage Pondok Yatim Daarussalam di Pojok Kanan Atas. Terimakasi..