Selamat datang di Blog Pribadi Untuk Sosial Dan Semua

Pemikiran Pendidikan Islam Hamka

23 Desember 20121komentar





PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM HAMKA

A.PENDAHULUAN
Dikalangan dunia akademis cukup popular, dan tidak asing lagi sebagai ilmuwan dan sekaligus ulama yang banyak memberikan pandangan dalam bidang ke Islaman.Beliau adalah Prof.Dr.Hamka adalh seorang ulama besar Indonesia yang cukup terkenal,tidak hanya secara nasional,namun keilmuannya sudah diakui secara internasional.
Pandangan hamka tentang pendidikan adalah bahwa pendidikan sebagai sarana yang dapat menunjang dan menimbulkan serta menjadi dasar bagi kemajuan dan kejayaan hidup manusia dalam berbagai ilmu pengetahuan.Pendidikan tersebut tergabung dalam dua prinsip yang saling mendukung,yaitu prinsip keberanian dan kemerdekaan berfikir.Bagi Hamka , ilmu yang tidak dikuti dengan amal dan perbuatan tidak berguna bagi kehidupan.Ilmu pengetahuan mesti diamalkan ,bukan hanya untuk dipelajari saja.

B.RIWAYAT HIDUP HAMKA
Hamka adalah singkatan nama dari Haji Abdul Malik Karim Amarullah Datuk Indomo.Ia lahir disungai batang maninjau Sumatra barat,pada tanggal 16 febuari 1908 M bertepatan dengan 13 muharam 1326H.Lahir dari pasangan Haji Abdul Karim Amarullah dan Syafiyah Tanjung , sebuah keluarga yang taat beragama.Ayahnya adalah seorang ulama besar dan pembawa paham-paham pembaruan islam di minangkabau.Ia meninggal pada tanggal 22 juni 1981 di rumah sakit pertamina Jakarta dalam usia 73tahun.
pada usia 7tahun ia dimasukkan ke sekolah desa dan malamnya belajar mengaji dengan ayahnya.sejak tahun 1916 sampai 1923 ia belajar agama pada sekolah Diniyah School di padang panjang dan Sumatra thawalib do parabek.Guru-gurunya antara lain: Syaikh Ibrahim Musa Parabek,Tuanku Mudo Abdul Hamid dan Zainuddin Labay.Hamka sejak kecil ini diajak bekerja pada perpustakaan dan percetakan milik Zainuddin Labay.hamka berkeinginan untuk merantau guna menambah wawasanya.Kota pertama yang dikunjungi hamka adalah Yogyakarta pada tahun 1924,tinggal bersama adik ayahnya,Ja’far Amrullah.Disini Hamka belajar dengan Ki Bagus Hadikusumo,R.M Suryopranoto, H.Fachruddin , HOS .Tjokroaminoto,Mirza wali Ahmad Baig ,A.Hasan Bandung ,Muhammad Natsir dan AR.St.Mansyur.Di Yogyakarta hamka mulai berkenalan dengan serikat islam (SI).Ide-ide gerakan ini banyak mempengaruhi pembentukan pemikiran hamka tentang islam sebagai suatu yang hidup dan dinamis.hamka mulai melihat perbedaan yang demikian nyata antara islam-islam yang hidup di minangkabau,yang terkesan statis , dengan islam yang hidup di Yogyakarta , yang besifat dinamis.
Perjalanan ilmiah nya dilanjutkan ke kota pekalongan ,dan belajar dengan iparnya,A>R St.Mansyur.hamka banyak belajar tentang islam dan juga politik.Disini pula hamka muali berkenalan gan ide dengan ide pembaruan jamaluddin Al-Afghani.Rihlah ilmiah yang dilakukan hamka ke pulau jawa selama kurang lebih setahun ini sudah cukup mewarnai wawasannya tentang dinamika dan universalitas  islam.Dengan bekal tersebut hamka pulang ke maninjau dengan membawa semangat baru tentang islam.Berbekal pengetahuan yang telah diperolehnya,dan dengan maksud ingin memperkenalkan semangat modernis tentang wawasan islam,ia pun ,membuka kursus pidato di padang panjang.Hasil kumpulan pidato ini kemudian ia cetak dalam sebuah buku dengan judul Khatib al-ummah.Pada tahun 1931 ia mendirikan sekolah dengan nama tabligh school di padang.sekolah ini didirikan untuk mencetak mubalig islam dengan lama pendidikan dua tahun.akan tetapi sayang,sekolah ini tidak bertahan lama karena hamka ditugaskan oleh Muhammadiyah ke Sulawesi selatan.Pada tahun 1950,hamka hijrah ke Jakarta.Disinilah karier hamka dalam bidang politik terlihat.Dimana terbukti pada tahun 1952 hamka diminta oleh pemerintah untuk menduduki salah satu jabatan pada badan pertimbangan kebudayaan kementrian pp dan k. sejak tahun 1975,beliau juga menjadi penasihat kementrian agama.juga pada tahun-yahun berikutnya hamka diangkat menjadi ketua majelis ulama Indonesia.sampai akhir hayatnya,beliau mengabdikan dirinya untuk bangsa dan Negara.keluasan ilmunya menjadikan ia seorang yang sangat dibutuhkan oleh semua kalangan.kedalam ilmu dan kemampuan intelektualnya telah diakui oleh dunia internasional,maka tidak heran universitas al-azhar cairo dan universitas kebangsaan Malaysia menganugerahkan gelar doctor honoris causa kepadanya,sebagai tanda jasa atas kontribusinya yang begitu besar dalam penyiaran agama islam ke Indonesia.
C.KARYA-KARYA HAMKA
Berbagai tulisan hamka mulai dari masalah pendidikan , tasawuf,sejarah,sastra,dll telah tersebar dimana-mana.buku-buku tersebut antara lain;
1.khatibul ummah ,diterbitkan tahun 1927 dipadang panjang.
2.lembaga hidup,berbicara tentang dunia pendidikan
3.tasawuf modern dan filsafat hidup,berisi tentang kaidah-kaidah dalam pergaulan hidup
4.tenggelamnya kapal van der wijck,buku roman yang pertama kali ditulis hamka
5.dibawah lindungan ka’bah.
6.sejarah umat islam
7.tasawuf ; perkembangan dan pemurniannya,buku yang mengulas berbagai hal tentang tasawuf
8.pelajaran agama islam,buku tentang pendidikan dan pelajaran agama dan filsafat
9.tafsir al-azhar
10.antara fakta dan khayal tuanku rao,dll
tidak kurang dari 115 buku yang telah ia tulis dalam sepanjang hidupnya.belum lagi beberapa tulisan beliau yang dimuat diharian,majalah,bulletin , surat kabar,yang tidak dicantumkan disini.

D.PEMIKIRAN HAMKA TENTANG PENDIDIKAN ISLAM
1.Urgensi pendidikan
pentingnya manusia mencari ilmu pengetahuan , menurut hamka , bukan hanya untuk membantu manusia memperoleh penghidupan yang layak,tetapi lebih dari itu,dengan ilmu manusia akan mampu mengenal tuhannya,memperhalus akhlaknya dan senantiasa berupaya mencari keridhaan allah.
2.Pengertian dan tujuan pendidikan
hamka membedakan makna pendidikan dan pengajaran.menurutnya,pendidikan adalah” serangkaian upaya yang dilakukan pendidik untuk membantu membentuk watak,budi,akhlak,dan kepribadian peserta didik”.Semetara pengajaran adalah “upaya untuk mengisi intelektual peserta didik dengan jumlah ilmu pengetahuan”.
adapun tujuan pendidikan menurut hamka memiliki dua dimensi:bahagia didunia dan diakhirat.Untuk mencapai tujuan tersebut,manusia harus menjalankan tugasnya dengan baik,yaitu beribadah.Oleh karena itu,segala proses pendidikan pada akhirnya bertujuan agar dapat menuju dan menjadikan anak didik sebagai abdi Allah.Dengan demikian , tujuan pendidikan islam menurut hamka,sama dengan tujuan penciptaan manusia itu sendiri,yaitu untuk mengabdi dan beribadah kepada allah.Ia mengatakan bahwa ibadah adalah “ Mengakui dirisebagai budak atau hamba Allah,tunduk kepada kemaunya,baik secara sukarela maupun terpaksa”.

3.MATERI PENDIDIKAN
Materi pendidikan dalam pandangan hamka pada dasarnya berkisar antara ilmu , amal , akhlak dan keadilan.ketiga konsep tersebut sangat mendasari proses pendidikan tersebut.pertama ,ilmu.Menurut hamka ilmu ada dua macam,ilmu yang bersumber dari wahyu yang mutlak kebenaranya,yang disebut dengan al-ulum an-naqliyah , dan ilmu yang bersumber dari akal manusia yang relative kebenaranya,biasanya disebut dengan al-‘ulum al-aqliyah.kedua, amal dan akhlak.Dalam pandangan hamka,ternyata bahwa ilmu yang hanya dibarengi iman dan tidaklah cukup,namun harus pula diiringi dengan amal , kerja ,atau usaha.Baginya ,ilmu yang tidak dikuti dengan amal perbuatan tidak berguna bagi kehidupan.ketiga,keadilan.hamka mendefinisikan keadilan dengan tegak di tengah,dan secara lebih lengkap hamka menjelaskan keadilan sebagai pertahanan yang memikat hati dan menyebabkan orang takluk dan patuh dengan segala kerendahan hati.Dalam konsep keadilan ini harus terkandung unsur persamaan , kemerdekaan, dan kepemilikan.Persamaan adalah hak segenap manusia.Oleh karena itu,sudah seharusnya manusia memiliki persamaan untuk mendapatkan hak dalam hidup.

4.PRINSIP PENDIDIKAN
Bagi hamka tauhid berarti mengakui bahwa tuhan hanya satu keesaan Allah merupakan satu-satunya zat yang di pertuhankan oleh manusia dan menjadi titik tolak seorang muslim dalam memandang hidupnya.Apabila orang telah memiliki tauhid,niscaya kepercayaanya akan mendorong dirinya agar senantiasa melakukan perbuatan yang diterima dengan rela oleh tuhan dan niscaya didalam hidupnya senantiasa menempuh jalan lurus.manusia harus memiliki jiwa tauhid sehingga ia menjadi manusia yang beriman dengan sebenarnya iman.salah satu usaha untuk menanamkan dan menguatkan jiwa tauhid adalah melalui pendidikan.Keimanan akan menjadikan si pemiliknya mampu untuk mengendalikan hawa napsu dan menempatkan pada ketemtuan-ketentuan Allah dan Rasul,tempat memulangkan segala persoalan yang diperselisihkan.
5.KURIKULUM PENDIDIKAN
Dalam muatan kurikulum pendidikan ,menurut hamka , harus mencakup seluruh ilmu pengetahuan yang bermanfaat dan menjadi dasar bagi kemajuan dan kejayaan hidup manusia.Materi pendidikan merupakan factor terpenting dalam membantu peserta didik untuk menyerap pendekatan islam terhadap materi-materi tersebut agar dapat menumbuhkan sikap islam dikehidupannya.Ada dua prinsip dasar yang dapat menunjang dan menjadikan kemajuan dan kejayaan manusia,yaitu prinsip keeranian dan kemerdekaan berfikir.

untuk menanamkan prinsip keberanian pada diri anak didik ,menurutnya  yaitu:
1.pelajaran olahraga,yang menjadikan jasmani anak kuat dan sehat.olahraga tersebut seperti sepak bola,basket,mendaki bukit,dan berburu
2.pelajaran sejarah , terutama mengenai tokoh-tokoh pemberani dalam kebenaran dan mempertahankan bangsa dan tanah air serta agama.
3.biasakan berterus terang dalam perkataan.Jangan terlalu banyak ambil muka dan tenggang-menenggang.Namun demikian,tetap dalam kesopanan dan tegyh dalam keyakinan serta jujur.
4.tidak percaya kepada khurafat
5.memperkaya akal dengan ilmu yang memberi faedah,sehingga dapat mengetahui hakikat sesuatu dan menutup pintu bagi masuknya khurafat.
adapun prinsip kemerdekaan berfikir,menurutnya,kemerdekaan berfikir merupakan pangkal kemajuan dunia.jika bukan karna kebebasan berfikir,tentu manusia tetap berada dalam kondiso statis,dan tidak dapat mencapai kemajuan dalam melangkah hidupnya.

BAB 13
PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM MOHAMMAD NATSIR
A.PENDAHULUAN
Tokoh yang satu ini sesungguhnya lebih dikenal sebagai sosok ulama dan pejuang,tidak banyak disinggung sebagai tokoh pendidikan.Namun demikian,jika ditelusuri jejak karier dan langkah perjuangannya,tidak sedikit gagasannya yang berkenaan dengan pendidikan.sebagai bukti bahwa beliau memiliki perhatian yang khusus tentang pendidikan,beliau pernah mendirikan lembaga pendidikan yang diberi nama Pendis atau Pendidikan islam.
secara spesifik,pemikiran mohammad natsir tentang pendidikan adalah bahwa pendidikan yang baik adalah pendidikan yang dapat mewujudkan adanyan pola pendidikan yang integral,yakni pendidikan yang menyeimbangkan antara aspek ruhani dan jasmani.Pendidikan yang seperti ini menurutnya sesuai dengan hakikat ajaran islam,


Syukron Atas Kunjungan Anda..
Mohon Luangkan waktu ANDA sebentar untuk MengKlik Web diBawah ini.
karena Kami sangat membutuhkan bantuan ANDA..







http://freedollar.danatripler.com/

Share this article :

+ komentar + 1 komentar

2 Desember 2013 pukul 09.51

saran kurang FOOTNOTE

Posting Komentar

Komentar Kritik dan Saran yang Membangun sangat Berarti bagi Kami.
Terimakasih sudah mampir di Blog yang Sederhana ini :D
Mohon untuk LIKE Pane Fage Pondok Yatim Daarussalam di Pojok Kanan Atas. Terimakasi..

 
Support : Qye Ducky | Creating Website | Qye Course | Masduki | PAYTREN YUSUF MANSUR
Copyright © 2016/1437.H qyeowner.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Masduki Ibnu Zeeyah
Proudly powered by Blogger