BAB1
PENDAHULUAN
A. Latar
belakang masalah
Kedua orang
tua adalah guru yang sama penting peranannya dilingkungan keluarga karena siswa
terkadang lebih banyak waktunya dilingkungan rumah dari pada didalam lingkungan
sekolah. Dalam mendidik, hendaknya orang tua menggunakan pendekatan yang
bersifat kasih sayang. Hal ini dapat dicermati dari panggilan lukman kepada
anak- anaknya, yaitu “yaa bunayya (Wahai anak- anakku)”. Seruan tersebut
menyiratkan sebuah pangilan dari orang tua yang penuh muatan kasih dan sentuhan penuh kelembutan. Kata bunayya mengandung
rasa manja, kelembutan, dan kemesraan, tetapi tetap dalam koridor ketegasaan
dan kedisiplinan, meskipun tidak berati mendidik dengan keras.
Peranan
orang tua sama pentingnya harus mendukung dalam sebuah pendidikan disekolah,
orang tua sama layaknya seperti guru-guru dalam sekolah yang digugu dan ditiru.
Seharusnya dalam sebuah proses pendidikan dan perkembangan siswa dalam sebuah
akademi pendidikan orang tualah yang lebih banyak ambil andil karena waktu
siswa disekolah lebih sedikit dari pada waktu siswa didalam lingkungan keluarga. Sebagai orangtua yang cerdas dan dapat
mengemban amanat seharusnya orangtua dapat membagi waktu dengan seimbang antara
mencari materi dengan memperhatikan perkembangan pendidikan anak.
Namun masih
saja di temukan disekitar kita orangtua yang sibuk mencari limpahan materi tanpa
memperhatikan perkembangan anak dalam pendidikan, oleh karena itu disini
penulis sangat tertarik meneliti permasalah ini yang diberi judul ”Pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil
prestasi siswa”
B. Pembatasan
dan Perumusan Masalah
1.Pembatasan
Masalah
·
Untuk memperjelas
permasalahan agar lebih terarah dan dapat mencapai sasaran yang diharapkan,
maka penulis akan memberikan pembatasan pada :
tingkat perhatian orang tua dalam perkembangan pendidikan nya.disekolah
Smk pusaka 1 jakarta
·
Mengukur tingkat komunikasi antara guru dengan orang tua dan
orang tua kepada anak dalam proses pembelajaran di sekolah smk pusaka 1 jakarta
2. Perumusan Masalah
Berdasarkan
pembatasan masalah diatas maka perumusan masalahnya adalah sebagai berikut :
1. Seberapa fahamkah orang tua terhadap
perkembangan anak dalam proses pendidikan?
2. Sejauh mana efektifitas komunikasi antaraguru
dengan orang tua antara orng tua dengan siswa.
C. Tujuan Penelitian
Sehubungan dengan masalah yang telah penulis
paparkan, maka tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Untuk memperoleh data yang konkrit di
lapangan, tentang tingkat perhatian orang tua terhadap siswa (anak SMK PUSAKA 1
Jakarta).
2. Untuk mendapatkan pengetahuan tetang
efektifitas perhatian orangtua terhadap hasil prestasi siswa
D.
Kegunaan Penelitian
Penelitian ini diharapkan mampu memberikan
kegunaan atau manfaat diantaranya :
1.Secara akademis penelitian ini dapat menambah
khazanah intelektualitas penulis. Juga sebagai literature kajian ilmiyah
tentang hubungan yang signifikan tentang perhatian orang tua dengan perstasi
siswa dalam proses pembelajaran.
2.Secara praktis penelitian ini diharapkan mampu
membawa pengaruh yang signifikan bagi :
a. Guru
Guru
mengetahui pentingnya komunikasi dengan baik dengan orang tua siswa yang harus
mereka perhatikan guna menunjang proses
pembelajaran yang mereka lakukan di sekolah.
b. Siswa
Siswa akan lebih mudah mencapai tujuan pembelajaran
karena karena adanya motivasi yang kokoh dari lingkungan keluarga dan guru
sehingga dapat mencapai proses hasil prestasi lebih optimal.
c. Mahasiswa
Pentingnya memiliki berkomunikasi dengan baik
dan dapat bertanggung jawab dalam setiap amanah yang diberiakan, yang akan
memacu ara mahasiswa untuk dapat menjadi guru dan calon guru yang professional
dan orang tua yang memahami dan peduli terhadap perkembangan siswa
E.,Kerangka Pemikiran dan Hipotesis
Dalam keseluruhan peroses pendidikan
disekolah, kegiatan belajar mengajar
merupakan kegiatan yang paling penting ,artinya berhasil atau tidaknya
pencapaian tujuan pendidikan tergantung pada proses belajar yang dialami oleh
siswa sebagai pendidik. Semua aktifitas dan prestasi hidup tidak lain adalah
hasil dari belajar ,keberhasilan dari proses belajar ditandai dengan
tercapainya tujuan pengajaran serta perstasi belajar yang optimal.
Demi
mencapai hasil perstasi yang optimal disini ada beberapa aspek- aspek pendukung
demi
kelacaran
sebuah poses pendidikan dan perkembangan pendidikan yang optimal diantaranya
aspek
yang sangat penting peranannya adalah orang tuan perhatian orang tua dapat
menumbuhka
motivasi dalam proses pembelajaran yang tumbuh dalam diri siswa tersebut dan
aspek
kedua yang juga tak kalah
penting
adalah guru yang mempunyai peranan penting di lingkungan sekolah dan didalam
kelas
dan
aspek selanjutnya dilingkungan masyarakat yang juga ambil adil mendukung
kelancaran
proses
dalam pendidikan .
dan disini diperlukan juga komunikasi yang
baik diantra tiga
aspek yang sudah
dijelaskan diatas karena apabila komunikasi antara tiga aspek ini tidak baik
dapat menghambat
perkrmbangan pendidikan siswa.
2.Hipotesis
Hipotesis yang
penulis gunakan adalah berdasarkan teori pustaka yang menguji kebenarannya
melalui penlitian lapangan dan mengumpulkan data yang dibutuhkan sesuai dengan
masalah yang akan dibahas, pada penelitian ini hipotesis yang digunakan sebagai
berikut:
Ha=terdapat
hubungan terdapa perhatian orang tua dengan hasil perstasi siswa
Ho=tidak terdapat
hubungan terhadap perhatian orang tua dengan hasil perstasi
F.
Lokasi dan lama penelitian
Adapun lokasi
yang penulis jadikan objek dalam penelitian ini adalah bertempatan di Smk
pusaka 1 jakarta, Jakarta Timur , dan lama penelitian ini diperkirakan
mengunakan waktu selama 6 bulan, mulai dari bulam mai 2013 sampai dengan bulan oktober 2013
BABIII
A. TINJAUAN
PUSTAKA
·
Jamal
Abdur Rahman,2005.tahapan mendidik anak teladan
Rasululullah.Bandung.Irsnad baitus salam
·
Dr .H.Aam Amiruddin,M.Si, 2011. Sudahkah kau
didik anak mu dengan benar?.bandung.Khzana intelektual anggota IKAPI
·
Muslim,Mansur.2007. sertifikasi guru menuju
profesonalisme pendidik.jakarta.bumi Aksar
·
Sambiring , m.gorky.2009. mengungkap rahasia
dan tips manjur menjadi guru sejati.yogyakarta: Galang press
·
Sunjanto, Bedjo 2009. Cara efektif menuju
sertifikasi. Jakarta: penebar swadaya
·
Koesoma A.Doeni .2007 Pendidikan karter.
Jakarta pt.grasindo
METODOLOGI
PENELITIAN
Variabel adalah
cirri individu, ojektif ,segala dan presistiwa yang dapat di ukur secara
kuntitatif
Variable dapat
dikatakan sebagai sesuatu yang dapat menjadi objek peryataan penelitian dan
sebagai faktor yang berperan dalam peristiwa atau gejala yang diteliti.
Variable-
variable yang terdapat dalam penelitian penelitian ini adalah eketifitas
kinerja guru pai terhadap hasil perstasi siswa sebagai variable (x) dan
meningkatkan kinerja guru pai seabagai vaeiabel terikat (y).
B.
Metode penelitian
Metode penelitian
yang dipergunakan dalam penelitian adalah metode diskriptif.
Adapun pengertian
metode deskeritif menurut Muhammad Najir
yaitu suatu metode dalam meneliti suatu klompok manusia,suatu objektif ,
kondisi dan sistem pemikiran atau peristiwa pada masa sekarang yang bertujuan untuku membuat gambabaran atau lukisan secara sistematis ,
faktual,akurat, mengenai fakta- fakta, sifat-sifat serta hubungannya antara
fenomena yang diselidiki.
C.
Populasi Dan Sampel
Populasi adalah
totalitas semua nilai yang mungkin , hasil menghitung atau pun pengukuran ,
kuantitatif dari karakteristik tertentumengenai sekumpulan ojek yang lengkap
dan jelas yang ingin dipelajari sifat- sifatnya(Bactiar ,1997:83)
Populasi dalam penelitian seluruh siswa SMK kelas II pusaka
1 jakarta yang berjumlah 147 siswa
2.Sampel
Tehknik
pengambilan sampel yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah tekhnik
rondom sampeling artinya tidak semua warga populasi mempunyai kesempatan untuk
di jadika sempel, tapi hanya sebagai relevan dan mengambarkan totalitas.
Dari populasi
berjumlah 247 siswa tersebut kemudian penulis tetapkan penarikan sempelnya 12%
X 247=29,64 Kemudian penulis bulatkan menjad sebanyak 30 siswa
Syukron Atas Kunjungan
Anda..
Mohon Luangkan waktu
ANDA sebentar untuk MengKlik Web diBawah ini.
karena Kami sangat membutuhkan bantuan ANDA..
karena Kami sangat membutuhkan bantuan ANDA..
Posting Komentar
Komentar Kritik dan Saran yang Membangun sangat Berarti bagi Kami.
Terimakasih sudah mampir di Blog yang Sederhana ini :D
Mohon untuk LIKE Pane Fage Pondok Yatim Daarussalam di Pojok Kanan Atas. Terimakasi..