Selamat datang di Blog Pribadi Untuk Sosial Dan Semua

Pengaruh Perhatian orang tua terhadap hasil perstasi siswa

23 Desember 20120 komentar



BAB1
PENDAHULUAN

A.    Latar belakang masalah

Kedua orang tua adalah guru yang sama penting peranannya dilingkungan keluarga karena siswa terkadang lebih banyak waktunya dilingkungan rumah dari pada didalam lingkungan sekolah. Dalam mendidik, hendaknya orang tua menggunakan pendekatan yang bersifat kasih sayang. Hal ini dapat dicermati dari panggilan lukman kepada anak- anaknya, yaitu “yaa bunayya (Wahai anak- anakku)”. Seruan tersebut menyiratkan sebuah pangilan dari orang tua yang penuh muatan kasih dan sentuhan  penuh kelembutan. Kata bunayya mengandung rasa manja, kelembutan, dan kemesraan, tetapi tetap dalam koridor ketegasaan dan kedisiplinan, meskipun tidak berati mendidik dengan keras.
Peranan orang tua sama pentingnya harus mendukung dalam sebuah pendidikan disekolah, orang tua sama layaknya seperti guru-guru dalam sekolah yang digugu dan ditiru. Seharusnya dalam sebuah proses pendidikan dan perkembangan siswa dalam sebuah akademi pendidikan orang tualah yang lebih banyak ambil andil karena waktu siswa disekolah lebih sedikit dari pada waktu siswa didalam lingkungan keluarga.  Sebagai orangtua yang cerdas dan dapat mengemban amanat seharusnya orangtua dapat membagi waktu dengan seimbang antara mencari materi dengan memperhatikan perkembangan pendidikan anak.
Namun masih saja di temukan disekitar kita orangtua yang sibuk mencari limpahan materi tanpa memperhatikan perkembangan anak dalam pendidikan, oleh karena itu disini penulis sangat tertarik meneliti permasalah ini yang diberi judul ”Pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil prestasi siswa”

B.     Pembatasan dan Perumusan Masalah

1.Pembatasan Masalah
·         Untuk memperjelas permasalahan agar lebih terarah dan dapat mencapai sasaran yang diharapkan, maka penulis akan memberikan pembatasan pada :  tingkat perhatian orang tua dalam perkembangan pendidikan nya.disekolah Smk pusaka 1 jakarta
·        Mengukur tingkat  komunikasi antara guru dengan orang tua dan orang tua kepada anak dalam proses pembelajaran di sekolah smk pusaka 1 jakarta
2.      Perumusan Masalah
Berdasarkan pembatasan masalah diatas maka perumusan masalahnya adalah sebagai berikut :
1.      Seberapa fahamkah orang tua terhadap perkembangan anak dalam proses pendidikan?
2.      Sejauh mana efektifitas komunikasi antaraguru dengan orang tua antara orng tua dengan siswa.

C.      Tujuan Penelitian
Sehubungan dengan masalah yang telah penulis paparkan, maka tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Untuk memperoleh data yang konkrit di lapangan, tentang tingkat perhatian orang tua terhadap siswa (anak SMK PUSAKA 1 Jakarta).
2.      Untuk mendapatkan pengetahuan tetang efektifitas perhatian orangtua terhadap hasil prestasi siswa

D.    Kegunaan Penelitian
Penelitian ini diharapkan mampu memberikan kegunaan atau manfaat diantaranya :
1.Secara akademis penelitian ini dapat menambah khazanah intelektualitas penulis. Juga sebagai literature kajian ilmiyah tentang hubungan yang signifikan tentang perhatian orang tua dengan perstasi siswa dalam proses pembelajaran.
2.Secara praktis penelitian ini diharapkan mampu membawa pengaruh yang signifikan bagi :
a.      Guru
Guru mengetahui pentingnya komunikasi dengan baik dengan orang tua siswa yang harus mereka  perhatikan guna menunjang proses pembelajaran yang mereka lakukan di sekolah.
b.      Siswa
Siswa akan lebih mudah mencapai tujuan pembelajaran karena karena adanya motivasi yang kokoh dari lingkungan keluarga dan guru sehingga dapat mencapai proses hasil prestasi lebih optimal.
c.       Mahasiswa
Pentingnya memiliki berkomunikasi dengan baik dan dapat bertanggung jawab dalam setiap amanah yang diberiakan, yang akan memacu ara mahasiswa untuk dapat menjadi guru dan calon guru yang professional dan orang tua yang memahami dan peduli terhadap perkembangan siswa
E.,Kerangka Pemikiran dan Hipotesis
Dalam keseluruhan peroses pendidikan disekolah, kegiatan belajar  mengajar merupakan kegiatan yang paling penting ,artinya berhasil atau tidaknya pencapaian tujuan pendidikan tergantung pada proses belajar yang dialami oleh siswa sebagai pendidik. Semua aktifitas dan prestasi hidup tidak lain adalah hasil dari belajar ,keberhasilan dari proses belajar ditandai dengan tercapainya tujuan pengajaran serta perstasi belajar yang optimal.
Demi mencapai hasil perstasi yang optimal disini ada beberapa aspek- aspek pendukung demi
kelacaran sebuah poses pendidikan dan perkembangan pendidikan yang optimal diantaranya
aspek yang sangat penting peranannya adalah orang tuan perhatian orang tua dapat
menumbuhka motivasi dalam proses pembelajaran yang tumbuh dalam diri siswa tersebut  dan
aspek kedua yang juga tak kalah
penting adalah guru yang mempunyai peranan penting di lingkungan sekolah dan didalam kelas
dan aspek selanjutnya dilingkungan masyarakat yang juga ambil adil mendukung kelancaran
proses dalam pendidikan .
 dan disini diperlukan juga komunikasi yang baik diantra tiga
aspek yang sudah dijelaskan diatas karena apabila komunikasi antara tiga aspek ini tidak baik
dapat menghambat perkrmbangan pendidikan siswa.

2.Hipotesis
Hipotesis yang penulis gunakan adalah berdasarkan teori pustaka yang menguji kebenarannya melalui penlitian lapangan dan mengumpulkan data yang dibutuhkan sesuai dengan masalah yang akan dibahas, pada penelitian ini hipotesis yang digunakan sebagai berikut:
Ha=terdapat hubungan terdapa perhatian orang tua dengan hasil perstasi siswa
Ho=tidak terdapat hubungan terhadap perhatian orang tua dengan hasil perstasi

F.       Lokasi dan lama penelitian
Adapun lokasi yang penulis jadikan objek dalam penelitian ini adalah bertempatan di Smk pusaka 1 jakarta, Jakarta Timur , dan lama penelitian ini diperkirakan mengunakan waktu selama 6 bulan, mulai dari bulam mai 2013 sampai dengan  bulan oktober 2013

BABIII

A.    TINJAUAN PUSTAKA
·         Jamal  Abdur Rahman,2005.tahapan mendidik anak teladan Rasululullah.Bandung.Irsnad baitus salam
·         Dr .H.Aam Amiruddin,M.Si, 2011. Sudahkah kau didik anak mu dengan benar?.bandung.Khzana intelektual anggota IKAPI
·         Muslim,Mansur.2007. sertifikasi guru menuju profesonalisme pendidik.jakarta.bumi Aksar
·         Sambiring , m.gorky.2009. mengungkap rahasia dan tips manjur menjadi guru sejati.yogyakarta: Galang press
·         Sunjanto, Bedjo 2009. Cara efektif menuju sertifikasi. Jakarta: penebar swadaya
·         Koesoma A.Doeni .2007 Pendidikan karter. Jakarta pt.grasindo


METODOLOGI PENELITIAN

Variabel adalah cirri individu, ojektif ,segala dan presistiwa yang dapat di ukur secara kuntitatif

Variable dapat dikatakan sebagai sesuatu yang dapat menjadi objek peryataan penelitian dan sebagai faktor yang berperan dalam peristiwa atau gejala yang diteliti.

Variable- variable yang terdapat dalam penelitian penelitian ini adalah eketifitas kinerja guru pai terhadap hasil perstasi siswa sebagai variable (x) dan meningkatkan kinerja guru pai seabagai vaeiabel terikat  (y).

B.      Metode penelitian

Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian adalah metode diskriptif.

Adapun pengertian metode deskeritif menurut Muhammad  Najir yaitu suatu metode dalam meneliti suatu klompok manusia,suatu objektif , kondisi dan sistem pemikiran atau peristiwa pada masa sekarang  yang bertujuan untuku membuat  gambabaran atau lukisan secara sistematis , faktual,akurat, mengenai fakta- fakta, sifat-sifat serta hubungannya antara fenomena yang diselidiki.



C.      Populasi Dan Sampel

Populasi adalah totalitas semua nilai yang mungkin , hasil menghitung atau pun pengukuran , kuantitatif dari karakteristik tertentumengenai sekumpulan ojek yang lengkap dan jelas yang ingin dipelajari sifat- sifatnya(Bactiar ,1997:83)

Populasi dalam  penelitian seluruh siswa SMK kelas II pusaka 1 jakarta yang berjumlah 147 siswa



2.Sampel

Tehknik pengambilan sampel yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah tekhnik rondom sampeling artinya tidak semua warga populasi mempunyai kesempatan untuk di jadika sempel, tapi hanya sebagai relevan dan mengambarkan totalitas.

Dari populasi berjumlah 247 siswa tersebut kemudian penulis tetapkan penarikan sempelnya 12% X 247=29,64 Kemudian penulis bulatkan menjad sebanyak 30 siswa


Syukron Atas Kunjungan Anda..
Mohon Luangkan waktu ANDA sebentar untuk MengKlik Web diBawah ini.
karena Kami sangat membutuhkan bantuan ANDA..







http://freedollar.danatripler.com/

Share this article :

Posting Komentar

Komentar Kritik dan Saran yang Membangun sangat Berarti bagi Kami.
Terimakasih sudah mampir di Blog yang Sederhana ini :D
Mohon untuk LIKE Pane Fage Pondok Yatim Daarussalam di Pojok Kanan Atas. Terimakasi..

 
Support : Qye Ducky | Creating Website | Qye Course | Masduki | PAYTREN YUSUF MANSUR
Copyright © 2016/1437.H qyeowner.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Masduki Ibnu Zeeyah
Proudly powered by Blogger