PraktekPengalamanLapanganadalahsalahsatukegiatankurikuler yang dilakukanolehmahasiswa yang mencakupbaiklatihanmengajarrnaupuntugaskependidikan di luarmengajarsecaraterbimbingdanterpaduuntukmemenuhipersyaratanpembentukanprofesikependidikan.
Tujuan PPL
a. PraktekPengalamanLapangan I (PPL I)
Agar mahasiswamemilikiwawasantentangbeberapaaspek .kelembagaansekolahsertaunsur-unsurpenunjangpendidikansebagaipersiapanmenghadapitugas-tugaskependidikan di luartugasmengajarbidangstudinya.
b. PraktekPengalamanLapangan II (PPL 11)
Agar mahasiswacalonpendidikmemilikikompetensimelaksanakan proses belajarmengajarbidangstudiBahasaInggrisdantugas-tugaskependidikanlainnya di sekolah, sertamengatasimasalah-masalahnyata yang ditemukannyadi lapangansebagaipersiapanuntukdapatmelaksanakantugassebagai guru BahasaInggris.
BebanKredit
PraktekPengalamanLapanganberbobot 6 sks yang terdiridariduapenggalan yang integratifyaitu PPL I denganbobot 2 sksdan PPL II denganbobot 4 sks.
Pembimbingan
a. PPL I
b. PPL II
DalampelaksanaanPraktekPengalamanLapanganmahasiswadidampingiolehsatu orang DosenPembimbingdaritenagaakademikdansatu orang ataulebih Guru PamongdarisekolahLatihan
Persyaratan
Mahasiswa yang akanmengikutiPraktekPengalamanLapanganharusmemenuhipersyaratantertentu :
(1). Syaratumum
a) Terdaftarsebagaimahasiswaaktifpada semester yang bersangkutan.
b) Telahmelengkapipersyaratanadminstratifuntukmengambilmatakuliah PPL.
d) Memprogramkanmatakuliah PPL dalam KRS pada semester yang bersangkutan yang disahkanolehDosenPenasehatAkademik.
e) Setiapmahasiswa yang akanmemprogramkan PPL I dan PPL II
(2). Syaratkhusus PPL I
1. Telahmemperolehkredit minimal 90 sks
2. Telah lulus, pernahatausedangmengikutimatakuliahDasarKependidikandanmatakuliah PBM (Proses BelajarMengajar)
(3). Syaratkhusus PPL II
Telah lulus PPL I minimal memperolehnilai B
ProsedurPelaksanaan
Obseravasi
EtikaPraktikandalamPelaksanaan PPL II
·Kedatanganandakesekolah/instansi lain harusdengansopandanmenjaganamabaikalmamater.
·Selaludiawalikonsultasidengankepalasekolah/pimpinan, agar mudahkomunikasiselanjutnya.
·Menjagahubungankemitraanantarasekolah/instansi, jangandipandangsebagaihubunganpribadi.
·Selalumenjagahubunganbaikdengansemuastaf di sekolah/instansi, janganhanyakepada guru pamong/pendampingsemata-mata.
·Selalumenyapadanmemberisalamkepadasemua guru/stafjikabertemu.
·Kedatangananda di PPL meskipuntelahdianggapsebagai Guru Pemula, namunharusmemandangdiriandasebagaitamu yang akanbelajarlebihbanyak di sekolah.
·Selaluberpikiranpositiftehadapsemua orang yang ada, janganmemandangrendahkarenakualifikasiakademik, pekerjaan, ataumemandangbidangilmuandalebihunggul/dipentingkan.
·Biasakanselaluberkonsultasidengantemanuntukmengambiltindakan/keputusan, meskipunbersifatpribadi.
·Biasakanselalumenyapadengansemuastaf di sekolah, senyumramahdanselalumenganggukkankepala, baikwaktumenyapaatautidak.
·Gunakansapaanterhadapteman PPL deganpredikatbapak/ibu, baik di sekolahmaupun di masyarakat, karenasaat PPL andasebagai guru pemula.
·Selalumenunjukankreatifitas di tempat PPL, agar citradiridancitralembaga/almamaterikutmenjadibaik.
·Meskipun di tempat PPL/PKL telahdisediakanfasilitas, berusahalahmemenuhisendirifasilitas yang sama (minum, alattulis, bahanpraktek, dll.).
·Biasakanmembersihkanruangansetiapselesaikegiatan, baik di kelasmaupun di ruang guru.
·Selalukembalikanbarang yang dipinjam/dipakaipadatempatnya.
·JikaKostbiasakanlaporkepada RT setempatdanmenunjukkanidentitaskelembagaanUnesa.
·Menjagahubunganbaikdenganmasyarakatsekitar.
·Hindariterlibatkebiasaan yang kurangbaikdimasyarakat (minumankeras, judi, atausukahura-hura).
·Biasakanmemeriksasemuakewajibandanpeminjamansebelummengakhiri PPL/PKL.
·Upayakanselalumenjalinkomunikasidengansekolahmitra, meskipunsudahberakhir PPL, siapatahusuatusaatandamembutuhkantempatberkarya.
·Selaluijinkepadapamongataukepalasekolahjikameninggalkansekolahdalamaturan jam PPL, meskipun jam danhari PPL yang ditetapkandianggapterlalubanyak.
·Janganmembuatrencana/perilaku yang disembunyikan yang menurutandamenyelamatkankekurangananda, tetapibilaketahuanmalah fatal, sebaiknyaterbukaapapunkesalahan yang diperbuat.
·Janganberboncengansepeda motor di jalanraya yang melebihikapasitas motor.
·Selalugunakankelengkapankendaraan, sebagaiinsanakademikharusmejadipeloportaataturan/hukum.
·Selaludiingat/dicekpesan-pesan/permintaandarisekolahsejakawalhinggaakhir, jikamampumemenuhipermintaanpihaksekolahberikan, jikatidakmampujujurkatakandanberikanalasannya, karenaakanmenyulitkanmengambilnilaiataukadangditagihkepadapeserta PPL berikutnya yang dirasamemberatkan.
·Janganmenciptakanseremonial yang berlebihandanmemberatkanketikadatangatauberpamitan PPL, meskipunkebetulankelompok PPL andamampu, karenaakanberdampakpadakelompok PPL berikutnyajikatidakbisamembuatacaraserupaakanditagih/dibanding-bandingkan.
Syukron Atas Kunjungan
Anda..
Mohon Luangkan waktu
ANDA sebentar untuk MengKlik Web diBawah ini.
karena Kami sangat membutuhkan bantuan ANDA..
karena Kami sangat membutuhkan bantuan ANDA..
Posting Komentar
Komentar Kritik dan Saran yang Membangun sangat Berarti bagi Kami.
Terimakasih sudah mampir di Blog yang Sederhana ini :D
Mohon untuk LIKE Pane Fage Pondok Yatim Daarussalam di Pojok Kanan Atas. Terimakasi..