Selamat datang di Blog Pribadi Untuk Sosial Dan Semua

Pengertian PPL (Praktek Pengajaran Lapangan) Di Sekolah

3 November 20120 komentar




PraktekPengalamanLapanganadalahsalahsatukegiatankurikuler yang dilakukanolehmahasiswa yang mencakupbaiklatihanmengajarrnaupuntugaskependidikan di luarmengajarsecaraterbimbingdanterpaduuntukmemenuhipersyaratanpembentukanprofesikependidikan.
Tujuan PPL
a. PraktekPengalamanLapangan I (PPL I)
Agar mahasiswamemilikiwawasantentangbeberapaaspek .kelembagaansekolahsertaunsur-unsurpenunjangpendidikansebagaipersiapanmenghadapitugas-tugaskependidikan di luartugasmengajarbidangstudinya.
b. PraktekPengalamanLapangan II (PPL 11)
Agar mahasiswacalonpendidikmemilikikompetensimelaksanakan proses belajarmengajarbidangstudiBahasaInggrisdantugas-tugaskependidikanlainnya di sekolah, sertamengatasimasalah-masalahnyata yang ditemukannyadi lapangansebagaipersiapanuntukdapatmelaksanakantugassebagai guru BahasaInggris.
BebanKredit
PraktekPengalamanLapanganberbobot 6 sks yang terdiridariduapenggalan yang integratifyaitu PPL I denganbobot 2 sksdan PPL II denganbobot 4 sks.
Pembimbingan
a. PPL I
b. PPL II
DalampelaksanaanPraktekPengalamanLapanganmahasiswadidampingiolehsatu orang DosenPembimbingdaritenagaakademikdansatu orang ataulebih Guru PamongdarisekolahLatihan
Persyaratan
Mahasiswa yang akanmengikutiPraktekPengalamanLapanganharusmemenuhipersyaratantertentu :
(1). Syaratumum
a)      Terdaftarsebagaimahasiswaaktifpada semester yang bersangkutan.
b)      Telahmelengkapipersyaratanadminstratifuntukmengambilmatakuliah PPL.
d)      Memprogramkanmatakuliah PPL dalam KRS pada semester yang bersangkutan yang disahkanolehDosenPenasehatAkademik.
e)      Setiapmahasiswa yang akanmemprogramkan PPL I dan PPL II
(2). Syaratkhusus PPL I
1. Telahmemperolehkredit minimal 90 sks
2. Telah lulus, pernahatausedangmengikutimatakuliahDasarKependidikandanmatakuliah PBM (Proses BelajarMengajar)
(3). Syaratkhusus PPL II
Telah lulus PPL I minimal memperolehnilai B
ProsedurPelaksanaan
Obseravasi
EtikaPraktikandalamPelaksanaan PPL II
·Kedatanganandakesekolah/instansi lain harusdengansopandanmenjaganamabaikalmamater.
·Selaludiawalikonsultasidengankepalasekolah/pimpinan, agar mudahkomunikasiselanjutnya.
·Menjagahubungankemitraanantarasekolah/instansi, jangandipandangsebagaihubunganpribadi.
·Selalumenjagahubunganbaikdengansemuastaf di sekolah/instansi, janganhanyakepada guru pamong/pendampingsemata-mata.
·Selalumenyapadanmemberisalamkepadasemua guru/stafjikabertemu.
·Kedatangananda di PPL meskipuntelahdianggapsebagai Guru Pemula, namunharusmemandangdiriandasebagaitamu yang akanbelajarlebihbanyak di sekolah.
·Selaluberpikiranpositiftehadapsemua orang yang ada, janganmemandangrendahkarenakualifikasiakademik, pekerjaan, ataumemandangbidangilmuandalebihunggul/dipentingkan.
·Biasakanselaluberkonsultasidengantemanuntukmengambiltindakan/keputusan, meskipunbersifatpribadi.
·Biasakanselalumenyapadengansemuastaf di sekolah, senyumramahdanselalumenganggukkankepala, baikwaktumenyapaatautidak.
·Gunakansapaanterhadapteman PPL deganpredikatbapak/ibu, baik di sekolahmaupun di masyarakat, karenasaat PPL andasebagai guru pemula.
·Selalumenunjukankreatifitas di tempat PPL, agar citradiridancitralembaga/almamaterikutmenjadibaik.
·Meskipun di tempat PPL/PKL telahdisediakanfasilitas, berusahalahmemenuhisendirifasilitas yang sama (minum, alattulis, bahanpraktek, dll.).
·Biasakanmembersihkanruangansetiapselesaikegiatan, baik di kelasmaupun di ruang guru.
·Selalukembalikanbarang yang dipinjam/dipakaipadatempatnya.
·JikaKostbiasakanlaporkepada RT setempatdanmenunjukkanidentitaskelembagaanUnesa.
·Menjagahubunganbaikdenganmasyarakatsekitar.
·Hindariterlibatkebiasaan yang kurangbaikdimasyarakat (minumankeras, judi, atausukahura-hura).
·Biasakanmemeriksasemuakewajibandanpeminjamansebelummengakhiri PPL/PKL.
·Upayakanselalumenjalinkomunikasidengansekolahmitra, meskipunsudahberakhir PPL, siapatahusuatusaatandamembutuhkantempatberkarya.
·Selaluijinkepadapamongataukepalasekolahjikameninggalkansekolahdalamaturan jam PPL, meskipun jam danhari PPL yang ditetapkandianggapterlalubanyak.
·Janganmembuatrencana/perilaku yang disembunyikan yang menurutandamenyelamatkankekurangananda, tetapibilaketahuanmalah fatal, sebaiknyaterbukaapapunkesalahan yang diperbuat.
·Janganberboncengansepeda motor di jalanraya yang melebihikapasitas motor.
·Selalugunakankelengkapankendaraan, sebagaiinsanakademikharusmejadipeloportaataturan/hukum.
·Selaludiingat/dicekpesan-pesan/permintaandarisekolahsejakawalhinggaakhir, jikamampumemenuhipermintaanpihaksekolahberikan, jikatidakmampujujurkatakandanberikanalasannya, karenaakanmenyulitkanmengambilnilaiataukadangditagihkepadapeserta PPL berikutnya yang dirasamemberatkan.
·Janganmenciptakanseremonial yang berlebihandanmemberatkanketikadatangatauberpamitan PPL, meskipunkebetulankelompok PPL andamampu, karenaakanberdampakpadakelompok PPL berikutnyajikatidakbisamembuatacaraserupaakanditagih/dibanding-bandingkan.

Share this article :

Posting Komentar

Komentar Kritik dan Saran yang Membangun sangat Berarti bagi Kami.
Terimakasih sudah mampir di Blog yang Sederhana ini :D
Mohon untuk LIKE Pane Fage Pondok Yatim Daarussalam di Pojok Kanan Atas. Terimakasi..

 
Support : Qye Ducky | Creating Website | Qye Course | Masduki | PAYTREN YUSUF MANSUR
Copyright © 2016/1437.H qyeowner.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Masduki Ibnu Zeeyah
Proudly powered by Blogger