Selamat datang di Blog Pribadi Untuk Sosial Dan Semua

MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

31 Oktober 20120 komentar




Pendahuluan
Proses pembelajaran merupakan suatu kegiatan melaksanakan kurikulum suatu lembaga pendidikan, agar dapat mempengaruhi para siswa mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Untuk mendapatkan proses yang baik tentunya diawali dengan perencanaan pembelajaran secara matang termasuk pengadaan media pembelajaran.
Materi pembelajaran yang disampaikan secara konvensional, yaitu hanya dengan menggunakan buku dan papan tulis membuat mayoritas siswa kurang bersemangat mengikuti pelajaran. Demikian pula dalam pelajaran bahasa Arab. Untuk meningkatkan semangat dan motivasi dalam belajar bahasa Arab salah satunya dengan penyajian materi secara bervariasi dan menggunakan media/alat peraga apalagi yang memiliki teknologi mutakhir.

Macam Media Pembelajaran
Berbagai macam media pembelajaran :
-      Media Grafik : media yang dapat melukiskan atau menggambarkan garis-garis. Seperti : Bagan, Diagram, Grafik, Poster, Karikatur.
-      Media Foto : media gambar yang dihasilkan melaui alat yang disebut kamera.
-      Media Proyeksi : media yang berupa transparan / slide  yang diproyeksikan dengan alat proyektor.
-      Media Audio : media suara baik yang dipancarkan melalui radio atau tersimpan dalam kaset/CD.
-      Media Tiga Dimensi : media tiruan tiga dimensional dari beberapa objek nyata.
-      Audiovisual : media yang gabungkan audio dan visual secara bersamaan seperti video dan siaran TV.
-      Media computer / multimedia : unit perangkat komputer yang terdiri dari software dan hardware.


Media Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
Ahmad bin Abdurrahman Al Syamimari dalam makalahnya yang berjudul أجهزة العرض الحائطية yang dimuat dalam situs http://www.tabawi.com telah melakukan penelitian yang membuktikan bahwa tingkat pencapaian pengetahuan melalui indera penglihatan mencapai 75%, sementara melalui pendengaran hanya 13%. Melalui indera lain, seperti pengecapan, sentuhan dan penciuman, pengetahuan hanya dapat diperoleh sebesar 12%.
Penelitian itu juga membuktikan bahwa gambar memberikan dampak 3 (tiga) kali lebih kuat dan mendalam dibandingkan dengan kata-kata. Sementara jika gambar digabungkan dengan kata-kata, maka dampaknya 6 (enam) kali lebih kuat daripada sekadar kata-kata saja. Lalu, bagaimana kiranya bila suatu pengajaran disampaikan bukan sekadar dengan menggabungkan gambar dan kata-kata saja, tetapi ditambah de-ngan suara?

Apakah ada perbedaan dalam proses pembelajaran ketika multimedia dilibatkan? Penelitian lain Di Universitas Maribor di  Slovenia, dengan sebuah alat yang disebut electroencephalography (EEG) digunakan untuk mengukur aktivitas otak ketika berinteraksi dengan media yang berbeda.

Sample mencakup 38 guru dan siswa berusia 20.7 tahun(+/- 0.4 tahun) yang terdaftar dalam kursus psikologi. 19 di antara mereka ( 6 pria dan 13 wanita) para siswa berbakat ( IQ mencakup 130-140). Yang lain 19 ( 10 pria dan 9 wanita) adalah rata-rata dan tidak (ada) bakat khusus ( IQ mencakup 90-110).

Prosedur penelitian mengharuskan setiap siswa duduk di atas kursi di depan suatu komputer. Jenis media yang diperkenalkan dalam kombinasi yang berbeda: teks, bunyi, gambar, dan video. Presentasi diberikan secara acak yang ditentukan untuk setiap orang. Presentasi sebagai berikut:
  1. Presentasi teks sekitar Mars dan tertulis pada  secarik kertas. Setiap orang diperintahkan agar secara mental mengkhayalkan data yang diberikan dalam bentuk teks.
  2. Presentasi gambar terdiri dari teks yang diberikan secara lisan, dari komputer. Data diiringi oleh musik dan dilengkapi oleh gambar yang mempertunjukkan struktur Mars planet.
  3. Presentasi video sama dengan yang di atas, kecuali sebagai ganti suatu gambar, suatu klip video digunakan untuk menunjukkan suatu animasi penerbangan di atas permukaan planet.


Hasil yang diperoleh dari peneltian tersebut adalah :
1.     Presentasi teks jika dibandingkan dengan video dan gambaran memproduksi aktivitas mental yang lebih tinggi pada bagian otak depan dan tengah.
2.     Efek kebalikan diamati di dalam otak belakang dan penempatan sementara. Ini menunjukkan suatu kegagalan oleh para siswa untuk mengkhayalkan data yang disajikan oleh hanya teks saja.
3.     Presentasi video dan gambar tidak menunjukkan perbedaan penting di dalam aktivitas mental dari satu sama lain.

Hasil ini diharapkan apa yang harus diketahui tentang fungsi  area ini. Salah satu fungsi dasar dari  kulit otak sementara adalah pengolahan  masukan tentang indera pendengar (pendengaran), sementara gambar diproses di dalam otak belakang.


Rekomendasi dari Percobaan itu:
Hasil menunjukkan bahwa para siswa itu mengalami kesulitan untuk membentuk model mental dari hanya teks saja. Presentasi multimedia mencetuskan visualisasi strategi seperti perbandingan mental yang rumit dalam banyak macam pemecahan masalah. (http://coe.sdsu.edu/eet/)
Jadi, multimedia adalah penggabungan gambar, kata, suara dan teks, sebagai salah satu produk kemajuan teknologi informasi (Information Technology, biasa disingkat menjadi IT, yang selanjutnya singkatan ini dipakai untuk menyebut teknologi informasi dalam makalah ini).
Tentang apa itu teknologi informasi, Haag dan Keen (1996:4), mendefinisikan sebagai perangkat piranti yang membantu kita bekerja dengan informasi dan melakukan tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. Piranti yang dimaksud mencakupi benda-benda yang berhubungan dengan komputer seperti printer, keyboard, CD-ROM dan aplikasi multimedia yang membuat kita dapat mendengar, melihat dan membaca berbagai topik.
Sejumlah piranti yang tercakup dalam IT, yang dikenal dengan se-butan IT system, terdiri dari tujuh macam, yaitu:
  1. Input and output devices, piranti yang kita gunakan untuk memasuki informasi, perintah, dan menerima (biasanya dengan mendengar dan melihat) hasil permintaan kita. Input and output devices mecakupi mouse, keyboard, monitor, dan printer.
  2. Software, yaitu perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan tugas tertentu, seperti pengolah kata, pengolah tata letak, pengo-lah grafis, juga sejumlah perangkat lunak pembelajaran ba-hasa.
  3. Communication devices, yaitu piranti yang menghubungkan IT sys-tem dengan orang di seluruh pelosok bumi, seperti modem, satelit dan kabel coaxial.
  4. The processing engine yang terdiri dari dua komponen yaitu the central processing unit yang disingkat CPU dan the internal me-mory. CPU menjalankan piranti lunak guna melaksanakan tugas tertentu untuk kita, sementara the internal memory merupakan area penyimpanan sementara untuk piranti lunak dan informasi.
  5. Information di mana kita bekerja dengannya. Pada sekarang ini kita dapat bekerja dengan berbagai bentuk informasi, baik yang berupa teks, suara, gambar, maupun gerak.
  6. Storage devices, yaitu piranti penyimpanan data secara permanen, seperti CD-ROM, disket, harddisk, flash disk.
  7. Terakhir, dan yang paling penting, SDM.

Dari ketujuh IT system tersebut, pada umumnya sekolah-sekolah di seluruh pelosok tanah air telah memilikinya, setidaknya yang berupa seperangkat komputer dan pelengkapnya. Masalahnya adalah belum semua komputer dipergunakan sebagai media pembelajaran. Kebanyakan kom-puter dipergunakan untuk urusan tulis menulis atau penyimpanan dan pemrosesan data. Kalaupun ada komputer multimedia, penggunaannya baru sebatas untuk mendengarkan lagu dan menonton VCD. Padahal masih banyak fungsi yang dapat dilakukan oleh komputer seperti : 1) merekam + mengedit, 2) komunikasi verbal dan visual, 3) mencari sumber informasi, 4) menyebarkan informasi.


Beberapa situs yang dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran bahasa Arab
-      www.muttaqun.com/arabic (Muttaqun OnLine Learn to Speak Arabic)
-      www.awu-dam.org (Arabic Writer Union)
-      The Art of Arabic Calligraphy
-      ArabicPoems.com

Fungsi Media dalam Pembelajaran
Manfaat yang akan diperoleh bila menggunakan media pembelajaran :
-      Pembelajaran akan menarik perhatian siswa sehingga menumbuhkan motivasi dalam belajar siswa.
-      Bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya sehingga siswa dapat menguasai serta memahami tujuan pengajaran.
-      Metode mengajar akan lebih bervariasi, sehingga siswa tidak akan mudah bosan dan guru tidak kehabisan tenaga dalam mengajar.
-      Siswa akan lebih banyak melakukan kegiatan belajar. Karena siswa aktif dalam mendengarkan, mengamati, dan melakukan, serta mendemonstrasikan uraian guru.

Bahan Pembelajaran Bahasa Arab Multimedia
Bahasa Arab yang disajikan dengan menggunakan multimedia akan lebih menarik perhatian siswa. Hasil dari penelitian yang dijelaskan sebelumnya menunjukkan bahwa pemerolehan informasi/pengetahuan melalui gambar dan suara akan lebih besar proesentasenya daripada hanya dengan kata-kata. Dan akan lebih besar lagi pemahaman siswa bila informasi tersebut berupa gerakan dan suara.

Bahan pembelajaran bahasa Arab multimedia dapat berupa audio, visual, video, dan program interaktif. Beberapa tipe VCD/DVD telah dapat menampilkan audio, visual, dan video dalam bentuk CD musik, mp3, mp4, jpg, dan film. Namun untuk program interaktif, hanya dapat dilakukan pada komputer setelah melakukan instalasi program. Sebagian besar program hanya dapat pada sistem operasi Windows 98/ME dan sebagain kecil pada Windows XP.


Di antara sejumlah CD program yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab adalah:

1. Arabic Explorer, keluaran The Rosetta Stone. CD program ini terdiri dari 19 unit pelajaran, di antaranya tentang:

الأسماء والصفات؛ الأفعال: الماضي والمضارع والمستقبل؛ الدخول والخروج: الفتح والقفل، المغادرة والعودة؛ صيغة الشرط: التابع والثانوي.وصف الأشياء والتعبير عن الاختيارات.
Kegiatan pembelajaran mencakupi pemahiran mendengar dan membaca, mendengar, membaca, menulis dan berbicara. Setiap unit dilengkapi dengan latihan dan ujian. Dalam latihan berbicara, program ini menyedian menu yang disebut speeh recognation 'pengenalan ucapan'. Ucapan pembelajar dapat dibandingkan dengan ucapan tutor, sejauh mana kesamaan atau perbedaan intonasi dan panjang pendeknya ucapan, bahkan juga dapat diukur ketepatannya.

2. Talk Now. Untuk program ini tersedia dalam dua versi bahasa, yaitu bahasa Arab standar (fusha) dan dialek Mesir. CD bahasa Arab standar sayangnya tidak dapat dijalankan pada komputer dengan sistem Windows XP. Program tersebut dapat berjalan dengan baik dengan Windows 98 atau Windows ME.

3. My Amazing Dictionary قاموسي العجيب.
Kamus multimedia bahasa Arab dan Inggris, memberikan penjelasan tentang berbagai tema yang berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari, seperti anggota keluarga, aneka macam pekerjaan, warna, sifat, sayur mayur, dunia binatang, serangga, dll. Latihan diberikan dalam bentuk permainan yang menarik.
Masih ada beberapa lagi seperti TTS Arabic dan Cerdas Cermat.

Jika di sekolah komputer hanya dapat digunakan untuk urusan administrasi, maka sebaiknya sekolah mempunyai peralatan audio-visual seperti VCD Player dan TV yang khusus digunakan sebagai fasilitas laboratorium bahasa. Dengan peralatan ini, siswa dapat diajak menyaksikan bersama beberapa VCD berbahasa Arab. Guru sebaiknya telah menyiapkan ringkasan isi cerita dan mengutip beberapa dialog yang mungkin pernah atau ditemukan siswa saat menyaksikan film tersebut.
Pelajaran bahasa Arab multimedia Thareq, menyajikan video animasi berdurasi singkat. Di akhir setiap tayangan per pelajaran, disediakan tayangan khusus untuk pengulangan melatih keterampilan berbicara. Video pelajaran ini dilengkapi dengan transkrip dialog lengkap dengan terjemahannya. Paket pelajaran Thareq terdiri dari 25 pelajaran. Latihan mendengar dapat dilakukan dengan menggunakan CD Audio dan buku latihan. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Arab standar populer yang sangat berguna untuk memperkaya kosa kata siswa.
Selain itu, film serial  أبناء الغد  /Abna Al-Ghad/ ‘Anak-anak Masa Depan’ juga merupakan film yang cukup menarik bagi para siswa karena di samping bahasanya sederhana, juga temanya tentang kehidupan se-hari-hari.  Serial Abna Al-Ghad ini tidak dilengkapi teks dan terjemahannya karena merupakan hasil rekaman dari TV Saudi Arabia dan TV Dubai. Guru diharapkan kreatif menyiapkan bahan ajar dengan sumber film-film tersebut. Proses merekam TV siaran Timur Tengah dapat dilakukan dengan menyedian Satelit + Receiver dan DVD/VCD Recorder  atau menggunaka komputer.
Untuk melatih kemahiran mendengar, selain dengan menggunakan video, guru dapat mengajak siswanya mendengar bahwa menirukan nyanyian berbahasa Arab.  Ada sejumlah CD Audio nasyid yang dapat diberikan, di antaranya album  الطفل والبحر  /at-Tiflu wa al-bahr/ ‘Anak dan Laut’, dan عودة ليلى/`Audah Laila/ ‘Kembalinya Laila’.
Karena tidak semua sekolah memiliki perangkat komputer yang memadai, maka dalam kesempatan ini saya memperkenalkan media lain yang dapat digunakan, di antaranya:

Papan Simulasi
Pada hakekatnya papan ini sebagai simulasi latihan yang diberikan dalam buku, yaitu menjodohkan bagian satu dengan lainnya. Misalnya, menjodohkan gambar dengan kata, pertanyaan dengan jawaban, dlsb. Papan dibuat dari triplek whiteboard dengan maksud guru dapat menulis kata atau kalimat dengan spidol jika tidak dapat membuatnya dengan menggunakan komputer. Di balik papan terdapat rangkaian elektronik untuk menghubungkan kabel antara satu komponen dengan lainnya. Ke-gunaannya adalah untuk mengubah-ubah pasangan. Misalnya, tombol A berpasangan dengan tombol 3, dan pasangan ini harus diubah secara berkala agar pengguna tidak dengan mudah menemukan pasangan tersebut. Jika pengguna memilih pasangan yang benar, sebagai hadiah, lampu akan menyala dan terdengar bel. Sumber daya menggunakan listrik atau batere.






gan nih ada app buat nyari Duit $ online modal HP aja , lumayan bisa ditukerin sama GEMS COC , Google Play gift card, steam gift card , paypal, facebook giftcard, Xbox,PlaystationStore, Amazon dan ItunesGiftCard
1. Download aplikasi Whaff Rewards di playstore
2. Setelah ke intsall buka appnya
3. Seteah di buka klik tombol login, login ajaa pake akun facebook kalian
4. Abis itu ada kotak invitation code
5. Masukan kode CD03233
6. Setelah masukan kode diatas kalian bakal Dapet $0.3, lumayan kaan, kalian tinggal ngumpulin deh sampe 10$
7. Cara ngumpulinnya gampang, tinggal invite orang lain atau download aplikasi yang ada di app tersebut
8. Setiap download aplikasi kalian akan mendapat hadiah sebagai reward, hadiahnya bisa $0.17, $0.22 sampe $0.66
9. Setiap hari kalian pun akan mendapat reward bila setelah di download aplikasi tersebut tidak di uninstall lagi lumayan kaan setiap hari Uang kalian bertambah hehehe
10. Setelah terkumpul $10 baru deh kalian bisa tukerin ke voucher google play,
11. Nah kalian bisa deh beli 1200 gem COC secara gratis, bisa buat builder, barbarian king, apa aja deh pokoknya lumayan gratiss...
12. Atau kalian juga bisa tukerin sama Google Play gift card, steam gift card , paypal, facebook giftcard, Xbox,PlaystationStore, Amazon dan ItunesGiftCard

Whaff rewards aplikasi resmi di app play store jd agan2 bisa percaya app itu bukan tipuan.

JANGAN LUPA SETELAH DI INSTAL WHARFF Reward nya masukan PIN ini CD03233.
Share this article :

Posting Komentar

Komentar Kritik dan Saran yang Membangun sangat Berarti bagi Kami.
Terimakasih sudah mampir di Blog yang Sederhana ini :D
Mohon untuk LIKE Pane Fage Pondok Yatim Daarussalam di Pojok Kanan Atas. Terimakasi..

 
Support : Qye Ducky | Creating Website | Qye Course | Masduki | PAYTREN YUSUF MANSUR
Copyright © 2016/1437.H qyeowner.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by Masduki Ibnu Zeeyah
Proudly powered by Blogger