Pendahuluan
Proses pembelajaran merupakan suatu kegiatan melaksanakan
kurikulum suatu lembaga pendidikan, agar dapat mempengaruhi para siswa mencapai
tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Untuk mendapatkan proses yang baik
tentunya diawali dengan perencanaan pembelajaran secara matang termasuk
pengadaan media pembelajaran.
Materi pembelajaran yang disampaikan secara
konvensional, yaitu hanya dengan menggunakan buku dan papan tulis membuat
mayoritas siswa kurang bersemangat mengikuti pelajaran. Demikian pula dalam
pelajaran bahasa Arab. Untuk meningkatkan semangat dan motivasi dalam belajar
bahasa Arab salah satunya dengan penyajian materi secara bervariasi dan
menggunakan media/alat peraga apalagi yang memiliki teknologi mutakhir.
Macam Media Pembelajaran
Berbagai macam media pembelajaran :
- Media Grafik : media
yang dapat melukiskan atau menggambarkan garis-garis. Seperti : Bagan, Diagram,
Grafik, Poster, Karikatur.
- Media Foto : media
gambar yang dihasilkan melaui alat yang disebut kamera.
- Media Proyeksi :
media yang berupa transparan / slide
yang diproyeksikan dengan alat proyektor.
- Media Audio : media
suara baik yang dipancarkan melalui radio atau tersimpan dalam kaset/CD.
- Media Tiga Dimensi
: media tiruan tiga dimensional dari beberapa objek nyata.
- Audiovisual : media
yang gabungkan audio dan visual secara bersamaan seperti video dan siaran TV.
- Media computer /
multimedia : unit perangkat komputer yang terdiri dari software dan hardware.
Media Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
Ahmad bin Abdurrahman Al Syamimari
dalam makalahnya yang berjudul أجهزة العرض الحائطية
yang dimuat dalam situs http://www.tabawi.com telah melakukan
penelitian yang membuktikan bahwa tingkat pencapaian pengetahuan melalui indera
penglihatan mencapai 75%, sementara melalui pendengaran hanya 13%. Melalui
indera lain, seperti pengecapan, sentuhan dan penciuman, pengetahuan hanya
dapat diperoleh sebesar 12%.
Penelitian itu juga membuktikan bahwa
gambar memberikan dampak 3 (tiga) kali lebih kuat dan mendalam dibandingkan
dengan kata-kata. Sementara jika gambar digabungkan dengan kata-kata, maka
dampaknya 6 (enam) kali lebih kuat daripada sekadar kata-kata saja. Lalu,
bagaimana kiranya bila suatu pengajaran disampaikan bukan sekadar dengan
menggabungkan gambar dan kata-kata saja, tetapi ditambah de-ngan suara?
Apakah ada perbedaan dalam proses
pembelajaran ketika multimedia dilibatkan? Penelitian lain Di Universitas
Maribor di Slovenia, dengan sebuah alat
yang disebut electroencephalography (EEG) digunakan untuk mengukur
aktivitas otak ketika berinteraksi dengan media yang berbeda.
Sample mencakup 38 guru dan siswa
berusia 20.7 tahun(+/- 0.4 tahun) yang terdaftar dalam kursus psikologi. 19 di
antara mereka ( 6 pria dan 13 wanita) para siswa berbakat ( IQ mencakup
130-140). Yang lain 19 ( 10 pria dan 9 wanita) adalah rata-rata dan tidak (ada)
bakat khusus ( IQ mencakup 90-110).
Prosedur penelitian mengharuskan setiap
siswa duduk di atas kursi di depan suatu komputer. Jenis media yang
diperkenalkan dalam kombinasi yang berbeda: teks, bunyi, gambar, dan video.
Presentasi diberikan secara acak yang ditentukan untuk setiap orang. Presentasi
sebagai berikut:
- Presentasi teks sekitar Mars dan tertulis pada secarik kertas. Setiap orang
diperintahkan agar secara mental mengkhayalkan data yang diberikan dalam
bentuk teks.
- Presentasi gambar terdiri dari teks yang diberikan secara lisan, dari
komputer. Data diiringi oleh musik dan dilengkapi oleh gambar yang
mempertunjukkan struktur Mars planet.
- Presentasi video sama dengan yang di atas, kecuali sebagai ganti suatu
gambar, suatu klip video digunakan untuk menunjukkan suatu animasi penerbangan
di atas permukaan planet.
Hasil yang
diperoleh dari peneltian tersebut adalah :
1.
Presentasi teks
jika dibandingkan dengan video dan gambaran memproduksi aktivitas mental yang
lebih tinggi pada bagian otak depan dan tengah.
2.
Efek kebalikan
diamati di dalam otak belakang dan penempatan sementara. Ini menunjukkan suatu
kegagalan oleh para siswa untuk mengkhayalkan data yang disajikan oleh hanya teks
saja.
3.
Presentasi video
dan gambar tidak menunjukkan perbedaan penting di dalam aktivitas mental dari
satu sama lain.
Hasil ini diharapkan apa yang harus
diketahui tentang fungsi area ini. Salah
satu fungsi dasar dari kulit otak
sementara adalah pengolahan masukan
tentang indera pendengar (pendengaran), sementara gambar diproses di dalam otak
belakang.
Rekomendasi dari
Percobaan itu:
Hasil menunjukkan bahwa para siswa
itu mengalami kesulitan untuk membentuk model mental dari hanya teks saja. Presentasi
multimedia mencetuskan visualisasi strategi seperti perbandingan mental yang
rumit dalam banyak macam pemecahan masalah. (http://coe.sdsu.edu/eet/)
Jadi, multimedia adalah penggabungan
gambar, kata, suara dan teks, sebagai salah satu produk kemajuan teknologi
informasi (Information Technology, biasa disingkat menjadi IT, yang
selanjutnya singkatan ini dipakai untuk menyebut teknologi informasi dalam
makalah ini).
Tentang apa itu teknologi informasi,
Haag dan Keen (1996:4), mendefinisikan sebagai perangkat piranti yang membantu
kita bekerja dengan informasi dan melakukan tugas yang berhubungan dengan
pemrosesan informasi. Piranti yang dimaksud mencakupi benda-benda yang
berhubungan dengan komputer seperti printer, keyboard, CD-ROM dan aplikasi
multimedia yang membuat kita dapat mendengar, melihat dan membaca berbagai
topik.
Sejumlah piranti yang tercakup dalam
IT, yang dikenal dengan se-butan IT system, terdiri dari tujuh macam,
yaitu:
- Input and
output devices,
piranti yang kita gunakan untuk memasuki informasi, perintah, dan menerima
(biasanya dengan mendengar dan melihat) hasil permintaan kita. Input and
output devices mecakupi mouse, keyboard, monitor, dan printer.
- Software, yaitu
perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan tugas tertentu, seperti
pengolah kata, pengolah tata letak, pengo-lah grafis, juga sejumlah
perangkat lunak pembelajaran ba-hasa.
- Communication
devices,
yaitu piranti yang menghubungkan IT sys-tem dengan orang di seluruh
pelosok bumi, seperti modem, satelit dan kabel coaxial.
- The processing
engine
yang terdiri dari dua komponen yaitu the central processing unit
yang disingkat CPU dan the internal me-mory. CPU menjalankan
piranti lunak guna melaksanakan tugas tertentu untuk kita, sementara the
internal memory merupakan area penyimpanan sementara untuk piranti
lunak dan informasi.
- Information di mana kita
bekerja dengannya. Pada sekarang ini kita dapat bekerja dengan berbagai
bentuk informasi, baik yang berupa teks, suara, gambar, maupun gerak.
- Storage
devices,
yaitu piranti penyimpanan data secara permanen, seperti CD-ROM, disket,
harddisk, flash disk.
- Terakhir, dan
yang paling penting, SDM.
Dari ketujuh IT system
tersebut, pada umumnya sekolah-sekolah di seluruh pelosok tanah air telah
memilikinya, setidaknya yang berupa seperangkat komputer dan pelengkapnya. Masalahnya
adalah belum semua komputer dipergunakan sebagai media pembelajaran. Kebanyakan
kom-puter dipergunakan untuk urusan tulis menulis atau penyimpanan dan
pemrosesan data. Kalaupun ada komputer multimedia, penggunaannya baru sebatas
untuk mendengarkan lagu dan menonton VCD. Padahal masih banyak fungsi yang
dapat dilakukan oleh komputer seperti : 1) merekam + mengedit, 2) komunikasi
verbal dan visual, 3) mencari sumber informasi, 4) menyebarkan informasi.
Beberapa situs yang
dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran bahasa Arab
- www.muttaqun.com/arabic (Muttaqun
OnLine Learn to Speak Arabic)
- www.awu-dam.org (Arabic Writer Union)
- The Art of Arabic
Calligraphy
- ArabicPoems.com
Fungsi Media dalam Pembelajaran
Manfaat yang akan diperoleh bila menggunakan media
pembelajaran :
- Pembelajaran akan
menarik perhatian siswa sehingga menumbuhkan motivasi dalam belajar siswa.
- Bahan pengajaran
akan lebih jelas maknanya sehingga siswa dapat menguasai serta memahami tujuan
pengajaran.
- Metode mengajar
akan lebih bervariasi, sehingga siswa tidak akan mudah bosan dan guru tidak
kehabisan tenaga dalam mengajar.
- Siswa akan lebih
banyak melakukan kegiatan belajar. Karena siswa aktif dalam mendengarkan,
mengamati, dan melakukan, serta mendemonstrasikan uraian guru.
Bahan Pembelajaran Bahasa Arab Multimedia
Bahasa Arab yang disajikan dengan
menggunakan multimedia akan lebih menarik perhatian siswa. Hasil dari
penelitian yang dijelaskan sebelumnya menunjukkan bahwa pemerolehan
informasi/pengetahuan melalui gambar dan suara akan lebih besar proesentasenya
daripada hanya dengan kata-kata. Dan akan lebih besar lagi pemahaman siswa bila
informasi tersebut berupa gera kan
dan suara.
Bahan pembelajaran bahasa Arab
multimedia dapat berupa audio, visual, video, dan program interaktif. Beberapa
tipe VCD/DVD telah dapat menampilkan audio, visual, dan video dalam bentuk CD
musik, mp3, mp4, jpg, dan film. Namun untuk program interaktif, hanya dapat
dilakukan pada komputer setelah melakukan instalasi program. Sebagian besar
program hanya dapat pada sistem operasi Windows 98/ME dan sebagain kecil pada
Windows XP.
Di antara sejumlah CD program yang
dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab adalah:
1. Arabic Explorer, keluaran The Rosetta
Stone. CD program ini terdiri dari 19 unit pelajaran, di antaranya tentang:
الأسماء والصفات؛
الأفعال: الماضي والمضارع والمستقبل؛ الدخول والخروج: الفتح والقفل، المغادرة
والعودة؛ صيغة الشرط: التابع والثانوي.وصف الأشياء والتعبير عن الاختيارات.
Kegiatan
pembelajaran mencakupi pemahiran mendengar dan membaca, mendengar, membaca, menulis
dan berbicara. Setiap unit dilengkapi dengan latihan dan ujian. Dalam latihan
berbicara, program ini menyedian menu yang disebut speeh recognation
'pengenalan ucapan'. Ucapan pembelajar dapat dibandingkan dengan ucapan tutor,
sejauh mana kesamaan atau perbedaan intonasi dan panjang pendeknya ucapan,
bahkan juga dapat diukur ketepatannya.
2. Talk Now. Untuk program ini tersedia dalam dua versi bahasa, yaitu
bahasa Arab standar (fusha) dan dialek Mesir. CD bahasa Arab standar
sayangnya tidak dapat dijalankan pada komputer dengan sistem Windows XP.
Program tersebut dapat berjalan dengan baik dengan Windows 98 atau
Windows ME.
3. My Amazing
Dictionary قاموسي العجيب.
Kamus
multimedia bahasa Arab dan Inggris, memberikan penjelasan tentang berbagai tema
yang berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari, seperti anggota keluarga,
aneka macam pekerjaan, warna, sifat, sayur mayur, dunia binatang, serangga,
dll. Latihan diberikan dalam bentuk permainan yang menarik.
Masih
ada beberapa lagi seperti TTS Arabic dan Cerdas Cermat.
Jika
di sekolah komputer hanya dapat digunakan untuk urusan administrasi, maka
sebaiknya sekolah mempunyai peralatan audio-visual seperti VCD Player dan TV
yang khusus digunakan sebagai fasilitas laboratorium bahasa. Dengan peralatan
ini, siswa dapat diajak menyaksikan bersama beberapa VCD berbahasa Arab. Guru
sebaiknya telah menyiapkan ringkasan isi cerita dan mengutip beberapa dialog
yang mungkin pernah atau ditemukan siswa saat menyaksikan film tersebut.
Pelajaran
bahasa Arab multimedia Thareq, menyajikan video animasi berdurasi singkat. Di
akhir setiap tayangan per pelajaran, disediakan tayangan khusus untuk
pengulangan melatih keterampilan berbicara. Video pelajaran ini dilengkapi
dengan transkrip dialog lengkap dengan terjemahannya. Paket pelajaran Thareq
terdiri dari 25 pelajaran. Latihan mendengar dapat dilakukan dengan menggunakan
CD Audio dan buku latihan. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Arab standar
populer yang sangat berguna untuk memperkaya kosa kata siswa.
Selain
itu, film serial أبناء الغد /Abna Al-Ghad/ ‘Anak-anak Masa Depan’ juga
merupakan film yang cukup menarik bagi para siswa karena di samping bahasanya
sederhana, juga temanya tentang kehidupan se-hari-hari. Serial Abna Al-Ghad ini tidak
dilengkapi teks dan terjemahannya karena merupakan hasil rekaman dari TV Saudi
Arabia dan TV Dubai. Guru diharapkan kreatif menyiapkan bahan ajar dengan
sumber film-film tersebut. Proses merekam TV siaran Timur Tengah dapat
dilakukan dengan menyedian Satelit + Receiver dan DVD/VCD Recorder atau menggunaka komputer.
Untuk
melatih kemahiran mendengar, selain dengan menggunakan video, guru dapat
mengajak siswanya mendengar bahwa menirukan nyanyian berbahasa Arab. Ada
sejumlah CD Audio nasyid yang dapat diberikan, di antaranya album الطفل والبحر
/at-Tiflu wa al-bahr/ ‘Anak dan Laut’, dan عودة ليلى/`Audah Laila/ ‘Kembalinya Laila’.
Karena
tidak semua sekolah memiliki perangkat komputer yang memadai, maka dalam
kesempatan ini saya memperkenalkan media lain yang dapat digunakan, di antaranya:
Papan
Simulasi
Pada hakekatnya papan ini
sebagai simulasi latihan yang diberikan dalam buku, yaitu menjodohkan bagian
satu dengan lainnya. Misalnya, menjodohkan gambar dengan kata, pertanyaan
dengan jawaban, dlsb. Papan dibuat dari triplek whiteboard dengan maksud
guru dapat menulis kata atau kalimat dengan spidol jika tidak dapat membuatnya
dengan menggunakan komputer. Di balik papan terdapat rangkaian elektronik untuk
menghubungkan kabel antara satu komponen dengan lainnya. Ke-gunaannya adalah untuk
mengubah-ubah pasangan. Misalnya, tombol A berpasangan dengan tombol 3, dan
pasangan ini harus diubah secara berkala agar pengguna tidak dengan mudah
menemukan pasangan tersebut. Jika pengguna memilih pasangan yang benar, sebagai
hadiah, lampu akan menyala dan terdengar bel. Sumber daya menggunakan listrik
atau batere.gan nih ada app buat nyari Duit $ online modal HP aja , lumayan bisa ditukerin sama GEMS COC , Google Play gift card, steam gift card , paypal, facebook giftcard, Xbox,PlaystationStore, Amazon dan ItunesGiftCard
1. Download aplikasi Whaff Rewards di playstore
2. Setelah ke intsall buka appnya
3. Seteah di buka klik tombol login, login ajaa pake akun facebook kalian
4. Abis itu ada kotak invitation code
5. Masukan kode CD03233
6. Setelah masukan kode diatas kalian bakal Dapet $0.3, lumayan kaan, kalian tinggal ngumpulin deh sampe 10$
7. Cara ngumpulinnya gampang, tinggal invite orang lain atau download aplikasi yang ada di app tersebut
8. Setiap download aplikasi kalian akan mendapat hadiah sebagai reward, hadiahnya bisa $0.17, $0.22 sampe $0.66
9. Setiap hari kalian pun akan mendapat reward bila setelah di download aplikasi tersebut tidak di uninstall lagi lumayan kaan setiap hari Uang kalian bertambah hehehe
10. Setelah terkumpul $10 baru deh kalian bisa tukerin ke voucher google play,
11. Nah kalian bisa deh beli 1200 gem COC secara gratis, bisa buat builder, barbarian king, apa aja deh pokoknya lumayan gratiss...
12. Atau kalian juga bisa tukerin sama Google Play gift card, steam gift card , paypal, facebook giftcard, Xbox,PlaystationStore, Amazon dan ItunesGiftCard
Whaff rewards aplikasi resmi di app play store jd agan2 bisa percaya app itu bukan tipuan.
JANGAN LUPA SETELAH DI INSTAL WHARFF Reward nya masukan PIN ini CD03233.
Posting Komentar
Komentar Kritik dan Saran yang Membangun sangat Berarti bagi Kami.
Terimakasih sudah mampir di Blog yang Sederhana ini :D
Mohon untuk LIKE Pane Fage Pondok Yatim Daarussalam di Pojok Kanan Atas. Terimakasi..