OLEH
BARNABAS
Pembelajaran
merupakan suatu kegiatan komunikasi dengan melaksanakan kurikulum suatu lembaga
pendidikan, agar dapat mempengaruhi para siswa mencapai tujuan pendidikan yang
telah ditetapkan. Untuk mendapatkan proses yang baik tentunya diawali dengan
perencanaan pembelajaran secara matang termasuk pengadaan media pembelajaran.
Materi
pembelajaran yang disampaikan secara konvensional, yaitu hanya dengan
menggunakan buku dan papan tulis membuat mayoritas siswa kurang bersemangat
mengikuti pelajaran. Demikian pula dalam pelajaran bahasa Arab. Untuk
meningkatkan semangat dan motivasi dalam belajar bahasa Arab salah satunya
dengan penyajian materi secara bervariasi dan menggunakan media/alat peraga
apalagi yang memiliki teknologi mutakhir.
Pengertian
Media Pembelajaran
المواد
والأجهزة والمواقف التعليمية التي يستخدمها المعلم في مجال الاتصال التعليمي
مصادر
لنقل المعلومات بهدف تسهيل عملية التعليم
Media
pendidikan memiliki ciri-ciri :
- Fiksatif – menggambarkan
kemampuan media merekam, menyimpan, melestarikan, dan merekonstruksi suatu
peristiwa atau objek.
- Manipulatif – Transpormasi suatu
kejadian atau objek dapat dimungkinkan karena media memiliki ciri
manipulatif.
- Distributif – memungkinkan suatu
objek atau kejadian ditransformasikan melalui ruang, dan secara bersamaan
dapat disajikan kepada sejumlah besar besar siswa dengan stimulus pengalaman yang
relatif sama mengenai kejadian tersebut.
Macam
Media Pembelajaran
Berbagai
macam media pembelajaran :
- Media Grafik : media yang dapat
melukiskan atau menggambarkan garis-garis. Seperti : Bagan, Diagram, Grafik,
Poster, Karikatur.
- Media Foto : media gambar yang
dihasilkan melaui alat yang disebut kamera.
- Media Proyeksi : media yang berupa
transparan / slide yang diproyeksikan
dengan alat proyektor.
- Media Audio : media suara baik yang
dipancarkan melalui radio atau tersimpan dalam kaset/CD.
- Media Tiga Dimensi : media tiruan tiga
dimensional dari beberapa objek nyata.
- Audiovisual : media yang gabungkan
audio dan visual secara bersamaan seperti video dan siaran TV.
- Media computer / multimedia : unit
perangkat komputer yang terdiri dari software dan hardware.
- Telekonferen – teknik komunikasi
kelompok-kelompok yang berbeda lokasi geografis berbeda menggunakan mikrofon
dapat berdiskusi.
- Computer assisted instruction – suatu
system penyampaian materi pelajaran yang diprogram berbasis computer.
- Compact disk - piringan plastic untuk menyimpan audio,video,
dan data
Kerucut Pengalaman Edagar Dale
Lambang
kata
lambang
visual
gambar
diam,rekaman suar
gambar
hidup
televisi
karyawisata
dramatisasi
pengamatan
pengalaman
langsung
Media
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran
Ahmad bin Abdurrahman Al Syamimari dalam makalahnya yang
berjudul أجهزة العرض الحائطية yang dimuat dalam situs http://www.tabawi.com
telah melakukan penelitian yang membuktikan bahwa tingkat pencapaian
pengetahuan melalui indera penglihatan mencapai 75%, sementara melalui
pendengaran hanya 13%. Melalui indera lain, seperti pengecapan, sentuhan dan
penciuman, pengetahuan hanya dapat diperoleh sebesar 12%.
Penelitian itu juga membuktikan bahwa gambar memberikan
dampak 3 (tiga) kali lebih kuat dan mendalam dibandingkan dengan kata-kata.
Sementara jika gambar digabungkan dengan kata-kata, maka dampaknya 6 (enam)
kali lebih kuat daripada sekadar kata-kata saja. Lalu, bagaimana kiranya bila
suatu pengajaran disampaikan bukan sekadar dengan menggabungkan gambar dan
kata-kata saja, tetapi ditambah de-ngan suara?
Apakah ada perbedaan dalam proses pembelajaran ketika
multimedia dilibatkan? Penelitian lain Di Universitas Maribor di Slovenia, dengan sebuah alat yang disebut electroencephalography
(EEG) digunakan untuk mengukur aktivitas otak ketika berinteraksi dengan media yang
berbeda.
Sample mencakup 38 guru dan siswa berusia 20.7 tahun(+/-
0.4 tahun) yang terdaftar dalam kursus psikologi. 19 di antara mereka ( 6 pria
dan 13 wanita) para siswa berbakat ( IQ mencakup 130-140). Yang lain 19 ( 10
pria dan 9 wanita) adalah rata-rata dan tidak (ada) bakat khusus ( IQ mencakup
90-110).
Prosedur penelitian mengharuskan setiap siswa duduk di
atas kursi di depan suatu komputer. Jenis media yang diperkenalkan dalam
kombinasi yang berbeda: teks, bunyi, gambar, dan video. Presentasi diberikan
secara acak yang ditentukan untuk setiap orang. Presentasi sebagai berikut:
- Presentasi
teks sekitar Mars dan tertulis pada
secarik kertas. Setiap orang diperintahkan agar secara mental
mengkhayalkan data yang diberikan dalam bentuk teks.
- Presentasi
gambar terdiri dari teks yang diberikan secara lisan, dari komputer. Data
diiringi oleh musik dan dilengkapi oleh gambar yang mempertunjukkan
struktur Mars planet.
- Presentasi
video sama dengan yang di atas, kecuali sebagai ganti suatu gambar, suatu
klip video digunakan untuk menunjukkan suatu animasi penerbangan di atas
permukaan planet.
Hasil yang diperoleh dari peneltian tersebut adalah :
1. Presentasi
teks jika dibandingkan dengan video dan gambaran memproduksi aktivitas mental
yang lebih tinggi pada bagian otak depan dan tengah.
2. Efek
kebalikan diamati di dalam otak belakang dan penempatan sementara. Ini
menunjukkan suatu kegagalan oleh para siswa untuk mengkhayalkan data yang
disajikan oleh hanya teks saja.
3. Presentasi
video dan gambar tidak menunjukkan perbedaan penting di dalam aktivitas mental
dari satu sama lain.
Hasil ini diharapkan apa yang harus diketahui tentang fungsi area ini. Salah satu fungsi dasar dari kulit otak sementara adalah pengolahan masukan tentang indera pendengar (pendengaran),
sementara gambar diproses di dalam otak belakang.
Rekomendasi dari Percobaan itu:
Hasil menunjukkan bahwa para siswa itu mengalami
kesulitan untuk membentuk model mental dari hanya teks saja. Presentasi multimedia
mencetuskan visualisasi strategi seperti perbandingan mental yang rumit dalam
banyak macam pemecahan masalah. (http://coe.sdsu.edu/eet/)
Jadi, multimedia adalah penggabungan gambar, kata, suara
dan teks, sebagai salah satu produk kemajuan teknologi informasi (Information
Technology, biasa disingkat menjadi IT, yang selanjutnya singkatan ini
dipakai untuk menyebut teknologi informasi dalam makalah ini).
Tentang apa itu teknologi informasi, Haag dan Keen
(1996:4), mendefinisikan sebagai perangkat piranti yang membantu kita bekerja
dengan informasi dan melakukan tugas yang berhubungan dengan pemrosesan
informasi. Piranti yang dimaksud mencakupi benda-benda yang berhubungan dengan
komputer seperti printer, keyboard, CD-ROM dan aplikasi multimedia yang membuat
kita dapat mendengar, melihat dan membaca berbagai topik.
Sejumlah piranti yang tercakup dalam IT, yang dikenal
dengan sebutan IT system, terdiri dari tujuh macam, yaitu:
- Input and output devices, piranti yang kita gunakan untuk
memasuki informasi, perintah, dan menerima (biasanya dengan mendengar dan
melihat) hasil permintaan kita. Input and output devices mecakupi mouse,
keyboard, monitor, dan printer.
- Software, yaitu perangkat lunak yang
digunakan untuk melakukan tugas tertentu, seperti pengolah kata, pengolah
tata letak, pengolah grafis, juga sejumlah perangkat lunak pembelajaran
bahasa.
- Communication devices, yaitu piranti yang
menghubungkan IT sys-tem dengan orang di seluruh pelosok bumi,
seperti modem, satelit dan kabel coaxial.
- The processing engine yang terdiri dari dua komponen
yaitu the central processing unit yang disingkat CPU dan the
internal me-mory. CPU menjalankan piranti lunak guna melaksanakan
tugas tertentu untuk kita, sementara the internal memory merupakan
area penyimpanan sementara untuk piranti lunak dan informasi.
- Information di mana kita bekerja dengannya.
Pada sekarang ini kita dapat bekerja dengan berbagai bentuk informasi,
baik yang berupa teks, suara, gambar, maupun gerak.
- Storage devices, yaitu piranti penyimpanan data
secara permanen, seperti CD-ROM, disket, harddisk, flash disk.
- Terakhir, dan yang paling
penting, SDM.
Dari ketujuh IT system tersebut, pada umumnya
sekolah-sekolah di seluruh pelosok tanah air telah memilikinya, setidaknya yang
berupa seperangkat komputer dan pelengkapnya. Masalahnya adalah belum semua
komputer dipergunakan sebagai media pembelajaran. Kebanyakan kom-puter
dipergunakan untuk urusan tulis menulis atau penyimpanan dan pemrosesan data. Kalaupun
ada komputer multimedia, penggunaannya baru sebatas untuk mendengarkan lagu dan
menonton VCD. Padahal masih banyak fungsi yang dapat dilakukan oleh komputer
seperti : 1) merekam + mengedit, 2) komunikasi verbal dan visual, 3) mencari
sumber informasi, 4) menyebarkan informasi.
Beberapa situs yang dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran
bahasa Arab
- www.muttaqun.com/arabic (Muttaqun
OnLine Learn to Speak Arabic)
- www.awu-dam.org
(Arabic Writer Union)
- The Art of Arabic Calligraphy
- ArabicPoems.com
Fungsi
Media dalam Pembelajaran
Manfaat
yang akan diperoleh bila menggunakan media pembelajaran :
- Pembelajaran akan menarik perhatian
siswa sehingga menumbuhkan motivasi dalam belajar siswa.
- Bahan pengajaran akan lebih jelas
maknanya sehingga siswa dapat menguasai serta memahami tujuan pengajaran.
- Metode mengajar akan lebih bervariasi,
sehingga siswa tidak akan mudah bosan dan guru tidak kehabisan tenaga dalam
mengajar.
- Siswa akan lebih banyak melakukan
kegiatan belajar. Karena siswa aktif dalam mendengarkan, mengamati, dan
melakukan, serta mendemonstrasikan uraian guru.
Bahan
Pembelajaran Bahasa Arab Multimedia
Bahasa Arab yang disajikan dengan menggunakan multimedia
akan lebih menarik perhatian siswa. Hasil dari penelitian yang dijelaskan
sebelumnya menunjukkan bahwa pemerolehan informasi/pengetahuan melalui gambar
dan suara akan lebih besar proesentasenya daripada hanya dengan kata-kata. Dan
akan lebih besar lagi pemahaman siswa bila informasi tersebut berupa gerakan
dan suara.
Bahan pembelajaran bahasa Arab multimedia dapat berupa
audio, visual, video, dan program interaktif. Beberapa tipe VCD/DVD telah dapat
menampilkan audio, visual, dan video dalam bentuk CD musik, mp3, mp4, jpg, dan
film. Namun untuk program interaktif, hanya dapat dilakukan pada komputer
setelah melakukan instalasi program. Sebagian besar program hanya dapat pada
sistem operasi Windows 98/ME dan sebagain kecil pada Windows XP.
Di antara sejumlah CD program yang dapat digunakan dalam
pembelajaran bahasa Arab adalah:
1.
Arabic Explorer, keluaran The Rosetta Stone. CD program ini
terdiri dari 19 unit pelajaran, di antaranya tentang:
الأسماء
والصفات؛ الأفعال: الماضي والمضارع والمستقبل؛ الدخول والخروج: الفتح والقفل،
المغادرة والعودة؛ صيغة الشرط: التابع والثانوي.وصف الأشياء والتعبير عن
الاختيارات.
Kegiatan pembelajaran mencakupi pemahiran mendengar dan
membaca, mendengar, membaca, menulis dan berbicara. Setiap unit dilengkapi
dengan latihan dan ujian. Dalam latihan berbicara, program ini menyedian menu
yang disebut speeh recognation 'pengenalan ucapan'. Ucapan pembelajar dapat
dibandingkan dengan ucapan tutor, sejauh mana kesamaan atau perbedaan intonasi
dan panjang pendeknya ucapan, bahkan juga dapat diukur ketepatannya.
2.
Talk Now. Untuk program ini tersedia dalam dua versi bahasa,
yaitu bahasa Arab standar (fusha) dan dialek Mesir. CD bahasa Arab
standar sayangnya tidak dapat dijalankan pada komputer dengan sistem Windows
XP. Program tersebut dapat berjalan dengan baik dengan Windows 98
atau Windows ME.
3.
My Amazing Dictionary قاموسي العجيب.
Kamus multimedia bahasa Arab dan Inggris, memberikan
penjelasan tentang berbagai tema yang berkaitan erat dengan kehidupan
sehari-hari, seperti anggota keluarga, aneka macam pekerjaan, warna, sifat,
sayur mayur, dunia binatang, serangga, dll. Latihan diberikan dalam bentuk
permainan yang menarik.
Masih ada beberapa lagi seperti TTS Arabic dan Cerdas
Cermat.
Jika di sekolah komputer hanya dapat digunakan untuk
urusan administrasi, maka sebaiknya sekolah mempunyai peralatan audio-visual
seperti VCD Player dan TV yang khusus digunakan sebagai fasilitas laboratorium
bahasa. Dengan peralatan ini, siswa dapat diajak menyaksikan bersama beberapa
VCD berbahasa Arab. Guru sebaiknya telah menyiapkan ringkasan isi cerita dan
mengutip beberapa dialog yang mungkin pernah atau ditemukan siswa saat
menyaksikan film tersebut.
Pelajaran bahasa Arab multimedia Thareq, menyajikan video
animasi berdurasi singkat. Di akhir setiap tayangan per pelajaran, disediakan
tayangan khusus untuk pengulangan melatih keterampilan berbicara. Video pelajaran
ini dilengkapi dengan transkrip dialog lengkap dengan terjemahannya. Paket
pelajaran Thareq terdiri dari 25 pelajaran. Latihan mendengar dapat dilakukan
dengan menggunakan CD Audio dan buku latihan. Bahasa yang digunakan adalah
bahasa Arab standar populer yang sangat berguna untuk memperkaya kosa kata siswa.
Selain itu, film serial
أبناء الغد /Abna Al-Ghad/
‘Anak-anak Masa Depan’ juga merupakan film yang cukup menarik bagi para siswa
karena di samping bahasanya sederhana, juga temanya tentang kehidupan se-hari-hari. Serial Abna Al-Ghad
ini tidak dilengkapi teks dan terjemahannya karena merupakan hasil rekaman dari
TV Saudi Arabia dan TV Dubai. Guru diharapkan kreatif menyiapkan bahan ajar
dengan sumber film-film tersebut. Proses merekam TV siaran Timur Tengah dapat
dilakukan dengan menyedian Satelit + Receiver dan DVD/VCD Recorder atau menggunaka komputer.
Untuk melatih kemahiran mendengar, selain dengan
menggunakan video, guru dapat mengajak siswanya mendengar bahwa menirukan
nyanyian berbahasa Arab. Ada sejumlah CD Audio
nasyid yang dapat diberikan, di antaranya album
الطفل والبحر /at-Tiflu wa al-bahr/
‘Anak dan Laut’, dan عودة ليلى/`Audah Laila/ ‘Kembalinya Laila’.
Arsyad, Azhar. Media Pengajaran,
Jakarta : Raja
Grasindo, 1977.
Sadiman, Arif. Media Pendidikan,
Jakarta :Rajawali,
1990.
Ahmad Salim, Manzum Teknolojiya al
Ta’lim, Riyad:Maktabah AlRusy 1423
H.
�u&>s��H��SV style='mso-ansi-language:SV'>
Syukron Atas Kunjungan
Anda..
Mohon Luangkan waktu
ANDA sebentar untuk Membaca artikel ini, ada peluang memanfaatkan hp android untuk menghasilkan DOLAR $ dan bisa di rupiahkan.
1. Download aplikasi Whaff Rewards di playstore
2. Setelah ke intsall buka appnya
3. Seteah di buka klik tombol login, login ajaa pake akun facebook kalian
4. Abis itu ada kotak invitation code
5. Masukan kode CD03233
6. Setelah masukan kode diatas kalian bakal Dapet $0.3, lumayan kaan, kalian tinggal ngumpulin deh sampe 10$
7. Cara ngumpulinnya gampang, tinggal invite orang lain atau download aplikasi yang ada di app tersebut
8. Setiap download aplikasi kalian akan mendapat hadiah sebagai reward, hadiahnya bisa $0.17, $0.22 sampe $0.66
9. Setiap hari kalian pun akan mendapat reward bila setelah di download aplikasi tersebut tidak di uninstall lagi lumayan kaan setiap hari Uang kalian bertambah hehehe
10. Setelah terkumpul $10 baru deh kalian bisa tukerin ke voucher google play,
11. Nah kalian bisa deh beli 1200 gem COC secara gratis, bisa buat builder, barbarian king, apa aja deh pokoknya lumayan gratiss...
12. Atau kalian juga bisa tukerin sama Google Play gift card, steam gift card , paypal, facebook giftcard, Xbox,PlaystationStore, Amazon dan ItunesGiftCard
Whaff rewards aplikasi resmi di app play store jd agan2 bisa percaya app itu bukan tipuan.
JANGAN LUPA SETELAH DI INSTAL WHARFF Reward nya masukan PIN ini CD03233.
+ komentar + 1 komentar
assalamu'alaikum..
http://tentarakecilku.blogspot.com
Posting Komentar
Komentar Kritik dan Saran yang Membangun sangat Berarti bagi Kami.
Terimakasih sudah mampir di Blog yang Sederhana ini :D
Mohon untuk LIKE Pane Fage Pondok Yatim Daarussalam di Pojok Kanan Atas. Terimakasi..